IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ DALAM MEMBENTUK KARAKTER QURANI SANTRI KORBAN BENCANA ALAM TSUNAMI KABUPATEN DONGGALA, SULAWESI TENGAH TAHUN 2018 DI MTS MUHAMMADIYAH WATULIMO TRENGGALEK

BRILLIAN FATHURROCHIM, 12201183226 (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ DALAM MEMBENTUK KARAKTER QURANI SANTRI KORBAN BENCANA ALAM TSUNAMI KABUPATEN DONGGALA, SULAWESI TENGAH TAHUN 2018 DI MTS MUHAMMADIYAH WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (667kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Program Tahfidz dalam Membentuk Karakter Qurani Santri Korban Bencana Alam Tsunami Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah Tahun 2018 di MTs Muhammadiyah Watulimo Trenggalek” ini ditulis oleh Brillian Fathurrrochim, NIM 12201183226, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. Sokip, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Hafalan Al-Quran, Pendidikan karakter Implementasi pendidik karakter tidak dapat berjalan dengan sekejap, melainkan perlu adanya usaha yang maksimal melalui kerja sama antara semua pihak terkait. Pendidikan di pondok pesantren merupakan sebuah contoh dari implementasi pendidikan karakter. Dalam model pendidikan ini peserta didik dikurangi interaksinya dengan budaya luar yang sifatnya destruktif dan digantikan dengan menanamkan budaya keagamaan. Budaya yang dimaksud diharapkan dapat melahirkan karakter yang bersumber pada AlQuran, melalui program Tahfidz Al-Quran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembiasaan karakter Qurani siswa dari Kab. Donggala di MTs Muhammadiyah Watulimo melalui program Tahfidz Al-Quran. (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembiasaan karakter Qurani siswa dari Kab. Donggala di MTs Muhammadiyah Watulimo melalui program Tahfidz Al-Quran. (3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi pembiasaan karakter Qurani siswa dari Kab. Donggala di MTs Muhammadiyah Watulimo melalui program Tahfidz Al-Quran. (4) Untuk mengetahui bagaimana perubahan karakter siswa MTs Muhammadiyah Watulimo dari Kab. Donggala setelah berjalannya implementasi program tahfidz Al-Quran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di Pondok Putra MBS Haji Suyoto Watulimo. Sumber datanya yaitu kepala sekolah, pengasuh pondok, guru dan santri. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan masa pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembiasaan karakter Qurani siswa dari Kab. Donggala di MTs Muhammadiyah Watulimo melalui program Tahfidz Al-Quran dilakukan dengan cara pertama, menetapkan tujuan, Kedua, menyusun premis. ketiga, pembuatan keputusan. Keempat, Penetapan tindakan. Kelima, Evaluasi hasil. Keenam Pengorganisasian. Ketujuh, Membagi tugas ustaz dan ustazah pengasuh pondok pesantren. Semua kegiatan tersebut akhirnya melahirkan sebuah Pondok Pesantren tahfidz Al-Quran MBS Haji Suyoto Watulimo. (2) Pelaksanaan pembiasaan karakter Qurani siswa dari Kab. Donggala di MTs Muhammadiyah Watulimo melalui program Tahfidz Al-Quran dilakukan melalui kegiatan berikut: pertama, kegiatan belajar mengajar antara program reguler dan program tahfidz dipisah. Kedua, Jadwal kegiatan yang ada di program tahfidz tidak mengikuti program reguler. Ketiga, adanya program Daurah Ziadah Tahfidz. Keempat, Di dalam program kegiatan Daurah Ziadah Tahfidz para siswa difokuskan untuk menghafal Alquran serta meniadakan pembelajaran formal. Kelima, Ada tiga metode menghafal, yaitu muroja'ah fardhi, muroja'ah maal zamil dan muroja'ah ma'al xvi ustaz. Keenam, Selain menghafal Alquran santri juga dibekali dengan ilmu fikih. (3) Evaluasi pembiasaan karakter Qurani siswa dari Kab. Donggala di MTs Muhammadiyah Watulimo melalui program Tahfidz Al-Quran sebagai berikut: Pertama, sejumlah siswa yang semula belum mampu membaca Al-Quran kini sudah mampu membacanya dengan baik dan benar, serta menghafalkannya. Kedua, Siswa yang mengikuti program tahfidz dulunya memiliki perilaku kurang baik (nakal), namun kini mereka mulai berperilaku baik. Ketiga, Siswa sudah bisa menjadi imam masjid, kutbah serta kultum di hadapan masyarakat. Keempat, kendala yang dialami pihak pondok dalam program ini adalah keterbatasan sarana dan prasarana, tenaga pendidik serta keterbatasan kemampuan peserta didik, (4) Perubahan karakter siswa MTs Muhammadiyah Watulimo dari Kab. Donggala setelah berjalannya implementasi program tahfidz Al-Quran sebagai berikut: Pertama, membuat siswa lebih religius. Kedua, membuat siswa lebih disiplin. Ketiga, membuat siswa lebih kerja keras dalam belajar. Keempat, meningkatkan kepedulian sosial siswa. Kelima, meningkatkan tanggung Jawab siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Muhammadiyah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183226 Brillian Fathurrochim
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:53
Last Modified: 18 Jan 2023 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32258

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item