UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

IKVINA ZULVA FITRIANA, 12205183032 (2023) UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (531kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (733kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ikvina Zulva Fitriana, NIM. 12205183032, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Upaya Guru, Motivasi Belajar, Al-Qur’an Hadits Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya motivasi belajar untuk peserta didik pada pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Motivasi memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar. Motivasi diartikan suatu dorongan motif dalam diri seseorang yang mana dengan motivasi tersebut akan menyebabkan aktif dan merasakan ada kebutuhan untuk melakukan belajar, dengan demikian proses belajar akan tercapai dengan maksimal. Adapun untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut, 1) Bagaimana perencanaan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Nurul Islam Mirigambar?, 2) Bagaimana pelaksanaan yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Nurul Islam Mirigambar?, 3) Bagaimana evaluasi yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Nurul Islam Mirigambar?, Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan perencanaan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Nurul Islam Mirigambar, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Nurul Islam Mirigambar, 3) Mendeskripsikan evaluasi yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Nurul Islam Mirigambar. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber penelitian ini meliputi, 1) Person (orang), yaitu (a) Kepala Sekolah, (b) Guru wali kelas IV, (c) Guru Al-Qur’an Hadits, (d) Peserta didik. 2) Paper (kertas/dokumen) yaitu dokumentasi foto kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits, RPP. 3) Place (tempat) yaitu MI Nurul Islam Mirigambar. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpilan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber, triangulasi teknik, ketekunan pengamatan, dan pengecekan sejawat Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Perencanaan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits antara lain: penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) luring yang didalamnya mencakup secara lengkap, penyusunan Silabus dibuat secara detail mengacu pada kompetensi dasar dan kompetensi inti, menggunakan metode tanya jawab, menggunakan metode diskusi kelompok, membaca, melakukan pendekatan secara individual, menggunakan media gambar. 2) Pelaksanaan yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits antara lain: sebelum memulai pembelajaran guru memberikan ice breaking kepada peserta didik, menggunakan metode belajar yang bervariasi, memberikan pujian, sebelum pembelajaran berakhir, guru memberikan sedikit review tentang materi, mengadakan evaluasi, dan mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam. 3) Evaluasi yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu: evaluasi berupa rapat satu minggu sekali, untuk evaluasi hafalan, guru menyuruh peserta didik menghafalkan kemudian menyetorkan hafalan didepan guru secara individu dan guru memberikan penilaian, mengadakan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183032 IKVINA ZULVA FITRIANA
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:02
Last Modified: 27 Jan 2023 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32394

Actions (login required)

View Item View Item