PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA (Studi Multisitus pada MTsN Tunggangri dan MTsN Tulungagung)

yana dian ikka pratiwi, 2846134052 (2016) PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA (Studi Multisitus pada MTsN Tunggangri dan MTsN Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Yana Dian Ikka Pratiwi (2846134052).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Multisitus pada MTsN Tunggangri dan MTsN Tulungagung)” ini ditulis oleh Yana Dian Ikka Pratiwi dengan dibimbing oleh Drs. H. Munardji, M.Ag dan Drs. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Kata Kunci: Nilai Keagamaan, Prestasi Belajar Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang kontras antara prestasi belajar terutama PAI yang baik dengan di kalangan siswa dengan niai-nlai keagamaan yang diwujudkan dalam tingkah laku terjadi jurang yang amat besar dan terjadilah degradasi moral di kalangan remaja. Hal in dikarenakan PAI hanya sebagai mata pelajaran, hanya sebatas pengetahuan, akan tetapi tidak dapat merasuk dalam diri siswa, tidak dapat tertanam dalam psikologi siswa. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) nilai-nilai keagamaan yang ditanamkan pada madrasah di MTsN Tunggangri dan MTsN Tulungagung; (2) Pendekatan penanaman nilai-nilai keagamaan pada madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN Tunggangri dan MTsN Tulungagung; (3) Teknik penanaman nilai-nilai keagamaan pada madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN Tunggangri dan MTsN Tulungagung. Tujuan penulisan tesis ini: (1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai keagamaan yang ditanamkan pada madrasah di MTsN Tunggangri dan MTsN Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan pendekatan penanaman nilai-nilai keagamaan pada madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN Tunggangri dan MTsN Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan teknik penanaman nilai-nilai keagamaan pada madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN Tunggangri dan MTsN Tulungagung. Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi multi situs yang digali dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan metode lintas situs. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan, bahwa: (1) Nilai-nilai keagamaan yang ditanamkan pada madrasah di MTsN Tunggangri dan MTsN Tulungagung melalui kegiatan keagamaan, yaitu nilai Illahiyah, yang meliputi nilai iman, nilai takwa, nilai wara’, nilai tawadhu’, nilai raja’, nilai tawakal, dan nilai rasa cinta kepada Al-Qur’an dan nilai insaniyah, yang meliputi nilai persaudaraan, nilai sopan santun, nilai kepedulian, nilai menghormati, nilai intelektual, nilai individual, nilai kejujuran, nilai kedisiplinan, nilai menghargai waktu, nilai toleransi, nilai tenggangrasa; (2) Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaaan, pendekatan emosional dan pendekatan keteladanan; (3) Teknik penanaman nilai-nilai keagamaan pada madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa di MTsN Tunggangri dan MTsN Tulungagung yang digunakan adalah teknik internalisasi, dimana dalam penerapan teknik internalisasi ini akan mengasah keterampilan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dalam pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yana dian 2846314052 yana dian ikka pratiwi
Date Deposited: 18 Mar 2016 01:57
Last Modified: 18 Mar 2016 01:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3240

Actions (login required)

View Item View Item