METODE PEMBELAJARAN KOGNITIF PADA PAI DALAM ENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANAK TUNAGRAHITA (Studi Multikasus di SLB PGRI Kedungwaru dan SLB C Negeri Tulungagung)

HENY HAMDIYAH, 2846134010 (2016) METODE PEMBELAJARAN KOGNITIF PADA PAI DALAM ENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANAK TUNAGRAHITA (Studi Multikasus di SLB PGRI Kedungwaru dan SLB C Negeri Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
tesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kognitif, Pendidikan Agama Islam, Anak Tunagrahita. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi kemampuan mental yang dimiliki oleh anak tunagrahita yang sangat terbatas sehingga dengan kelemahan yang mereka miliki, menuntut guru agar mampu menggunakan sebuah metode pembelajaran sehingga dalam menyampaikan sebuah materi yang anak tunagrahita akan mampu menangkap serta memahami apa yang telah guru sampaikan dan mampu mengikuti proses pembelajaran di sekolah sebagaimana anak normal pada umumnya. Fokus penelitian ini adalah meliputi (1) Rancangan metode pembelajaran PAI dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak tunagrahita di SLB PGRI Kedungwaru, Tulungagung dan SLB C Negeri Tulungagung, (2) Penggunaan Metode Pembelajaran PAI dalam meningkatkan Kemampuan kognitif anak tunagrahita di SLB PGRI Kedungwaru, Tulungagung dan SLB C Negeri Tulungagung, dan (3) bagaimanakah evaluasi penggunaan metode pembelajaran PAI dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak tunagrahita di SLB PGRI Kedungwaru, Tulungagung dan SLB C Negeri Tulungagung. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan. Pertama, rancangan metode pembelajaran Kognitif meliputi tujuan rancangan yaitu didasarkan pada materi PAI dan tujuan dari kurikulum yang digunakan, Kesiapan guru Pendidikan Agama Islam yang harus menguasai kurikulum, materi PAI, dan metode pembelajaran yang akan digunakan, Karakteristik anak tunagrahita serta penentuan isi materi PAI. Kedua, penggunaan metode pembelajaran PAI di SLB PGRI Kedungwaru, Tulungagung dan SLB C Negeri Tulungagung meliputi metode ceramah, metode demonstrasi/prakatek, metode pemberian tugas, metode Drill/latihan. Di SLB PGRI Kedungwaru menambahkan metode diskusi dan metode tanya jawab sebagai variasinya, sedangkan di SLB C Negeri Tulungagung lebih menekankan kepada metode pembiasan dan metode karya wisata sebagai variasinya. Ketiga, evaluasi penggunaan metode pembelajaran PAI yang digunakan di SLB PGRI Kedungwaru, Tulungagung dan SLB C Negeri Tulungagung meliputi jenis penilaian berupa penilaian sumatif dan formatif dengan menggunakan alat/instrumen penilaian berupa tes dan dilaporkan kedalam bentuk daftar nilai dan raport.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 876 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2016 07:22
Last Modified: 21 Mar 2016 07:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3242

Actions (login required)

View Item View Item