Peer Review Artikel Jurnal: Pemecahan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Berdasarkan Model Polya pada Siswa Kelas VIII MTs Materi Pokok SPLDV

NOVIKA RAHMAWATI, 2814133136 and Maryono, 198103302005011007 (2018) Peer Review Artikel Jurnal: Pemecahan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Berdasarkan Model Polya pada Siswa Kelas VIII MTs Materi Pokok SPLDV. Jurusan Tadris Matematika FTIK IAIN Tulungagung, Tulungagung.

[img] Text
Peer Review_JTM Sinta 3_2018.pdf

Download (341kB)

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berbentuk cerita perlu mendapatkan perhatian serius karena kenyataannya dalam kehidupan sehari-hari siswa tidak menghadapi langsung bilangan atau lambang bilangan melainkan soal cerita yang terkait dengan topik matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan model Polya bentuk soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa dengan kemampuan tinggi mempunyai kemampuan pemecahan masalah sangat baik. 2) Siswa dengan kemampuan sedang mempunyai kemampuan pemecahan masalah sangat baik. 3) Siswa dengan kemampuan rendah mempunyai kemampuan pemecahan masalah cukup.

Item Type: Other
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dr., M.Pd. 198103302005011007 Maryono
Date Deposited: 05 Feb 2023 09:20
Last Modified: 05 Feb 2023 09:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32429

Actions (login required)

View Item View Item