MOH. WILDAN LISHAL AFWA, 12201183434 (2023) STRATEGI GURU AL-QUR'AN HADIST DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK...pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI...pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (273kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
||
Text
BAB III..pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadist dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural di MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh MOH. Wildan Lishal Afwa, 12201183434 dan di bimbing oleh Annas Ribab Sibilan, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru Al-Qur’an Hadist, Penanaman Nilai-Nilai Multikultural. Sebagai negara yang memiliki keberagaman pemikiran dan pemahaman yang multikultural berarti siap menerima adanya berbagai macam budaya yang mengandung nilai-nilai kemanusiaan. Maka dari itu sedah sepantasnya wawasan multikultural di gaungkan dalam dunia Pendidikan. Pengetahuan multikulturalisme sangat penting khususnya dalam upaya memupuk persatuan dan kesatuan bangsa indonesia. Berbagai macam adat istiadat, beragam suku ras, agama dan bahasa itulah bangsa indonesia. Sebagai Pendidikan keberagaman budaya dalam masyarakat atau bisa disebut Pendidikan untuk membina sikap agar menghargai keberagaman budaya masyarakat. Maka dari itu pentingnya guru sebagai ujung tombak Pendidikan harus memahami dan bisa menerapkan pembelajaran yang harmonis dan aktif sosial. Pentingnya Pendidikan Al-Qur’an Hadist gagasan multikultural ini adalah dinilai dapat mengakomodir kesetaraan budaya yang mampu meredam konflik dan permasalahan dalam masyarakat yang heterogen di mana tuntunan akan pengakuan atas eksistensi dan keunikan budaya, kelompok, etnis sangat lumrah terjadi. Muaranya adalah terciptanya suatu sistem budaya dan tatanan sosial yang mapan dalam kehidupan masyarakat yang menjadi pilar kedamaian sebuah bangsa. Oleh karena itu strategi guru Al-Qur’an Hadist sangat lah penting dalam penanaman nilai-nilai multikultural pada peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan strategi guru Al-Qur’an Hadist dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di MTsN 5 Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru Al-Qur’an Hadist dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di MTsN 5 Tulungagung? 3) Bagaimana Evaluasi strategi guru Al-Qur’an Hadist dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di MTsN 5 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan strategi guru Al-Qur’an Hadist dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di MTsN 5 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi guru Al-Qur’an Hadist dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di MTsN 5 Tulungagung. 3) Untuk mengetahui evaluasi strategi guru Al-Qur’an Hadist dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Kepala Madrasah, guru Al-Qur’an Hadist, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan data yaitu dengan Kepercayaan (triangulasi, perpanjang keikutsertaan, dan pemeriksaan teman sejawat), keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Perencanaan strategi guru Al-Qur’an Hadist dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di MTsN 5 Tulungagung yaitu: (a) Mempersiapkan perangkat pembelajaran, seperti Prota, Promes, Silabus dan RPP, KD dalam RPP yaitu menyimpulkan dan menjelaskan dari materi yang dikaitkan dengan fenomena sosial. Dari sisnilah guru merencanakan dari penanaman multikulturul kepada peserta didik. (b) Mengadakan rapat tindak lanjut terkait dengan penyusunan RPP, dan juga tinjauan mengenai kesiapan perangkat pembelajaran yang di lakukan oleh WAKA kurikulum dan TIMnya. (c) mempersipakan sumber belajar yang akan digunakan di proses pembelajaran, sumber belajar yang digunakan oleh guru Al-Qur’an Hadist yaitu modul yang dibut oleh guru yang diberikan tema mengenai penanaman nilai-nilai multikultural, seperti kepedulain sosial, toleransi, dan rasa empati. 2) Pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan nilai-niai multikultural di MTsN 5 Tulungagung yaitu: (a) penggunaan metode yang digunakan oleh guru Al-Qur’an Hadist adalah metode problem solving dan ceramah yang bertujuan untuk keaktifan siswa dalam belajar, dan kerja sama siswa. (b) Pemberian motivasi dan narasi mengenai pentingnya nilai-nilai multikultural yang dilakukan oleh guru Al-Qur;an Hadist yaitu mengenai sikap kepedulian sosial, toleransi dan rasa empati. (c) Program sedekah dan infak yang dilakukan oleh peserta didik di setiap hari kamis yang ditujukan kepada yayasan yang membutuhkan. 3) Evaluasi strategi guru Al-Qur’an Hadist dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di MTsN 5 Tulungagung yaitu: guru Al-Qur’an Hadist dalam evalusianya dengan melihat respon siswa dari apa yang sudah dilaksanakan oleh guru mulai dari metode yang digunakan, contoh yang diberikan oleh guru Al-Qur’an Hadist hingga respon siswa dari pengadaan program infak dan sedekah, yang mana hasinya sangat cukup baik dengan berubahnya sikap siswa yang sebelumnya kurang mempunyai kepedulian hingga berkembangnya siswa yang sebelumnya aktif dalam hal kepedulian sosial.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Hadist Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183434 MOH. Wildan Lishal Afwa |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 07:33 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 07:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32523 |
Actions (login required)
View Item |