NUR LAILI FITRIANY, 12301183048 and Adrika Fithrotul Aini, M.Ag, 199110012018012002 (2022) RESEPSI JAMAAH DALAM PENGAJIAN TAFSIR JALALAIN DI PONDOK PESANTREN UMMUL KHOIR PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
REPO NUR LAILY_110410.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan sangat berpengaruh terhadap perubahan sosial. Adanya pendidikan diharapkan dapat menghasilkan generasi yang mempunyai karakter baik sesuai dengan ajaran al-Qur’an dan Hadist. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan non formal yang tidak pernah lepas dari pandangan masyarakat. Pondok pesatren mempunyai ciri khas tersendiri yang berbeda dengan lembaga lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif merupakan penelitian untuk mendeskripsikan peristiwa, perilaku orang, atau suatu keadaan pada tempat tertentu secara jelas yang ditulis dalam bentuk narasi. Metode ini berkaitan dengan judul dan rumusan masalah yang sudah dijelaskan di pendahuluan yang mengarah pada resepsi jamaah Pondok Pesatren Ummul Khoir. Rumusan masalah di sini antaranya adalah bagaimana penafsiran Bu Nyai dalam penafsiran kitab tafsir Jalalain dan bagaimana resepsi para jamaah terhadap pengajian tafsir Jalalain. Resepsi al-Qur’an terbagi menjadi tiga teori. Pertama resepsi estetis, kedua resepsi hermeneutis, ketiga resepsi social kultural atau fungsional. Di bawah ini akan dijelaskan secara rinci kegiatan pengajian tafsir Jalalain di Pondok Pesantren Ummul Khoir yang dapat dianggap sesuai dalam ketiga teori tersebut. Adapun contoh resepsi adalah penjelasan kitab tafsir Jalalain lebih kearah ketuhanan dan sambung dengan kitab yang dikaji sebelumnya. pembacaan surat fatihah dalam solat, dan pengkajian tafsir Jalalain digunakan wiridan yang dilakukan setiap hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Quran Agama > Tafsir Quran Ulama |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir |
Depositing User: | Penafsiran 12301183058 Laili Nur Hidayah |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 08:04 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 08:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32590 |
Actions (login required)
View Item |