POPPY KOESTIAWAN PUTRI, 12306183049 (2023) EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA KELAS XI MAN 1 JOMBANG. [ Skripsi ]
Text
EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA KELAS XI DI MAN 1 JOMBANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Jombang dengan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan yaitu quasi experiment dengan rancangan non equivalent control group design yang menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimana tingkat konsep diri positif siswa kelas XI di Man 1 Jombang?; dan (2) bagaimana efektivitas teknik assertif Training untuk meningkakan konsep diri positif siswa kelas XI di Man 1 Jombang?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat konsep diri positif siswa di kelas XI Man 1Jombang; dan (2) untuk mengetahui bagaimana efektifitas teknik assertive training untuk meningkatkan konsep diri positif siswa kelas XI Man Jombang. Teknik analisis data menggunakan uji-t independent sampel t test dan uji n-gain score dilakukan dengan cara menghitung selisih antara nilai pretest dan nilai posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik assertive training efektif untuk meningkatkan konsep diri positif siswa MAN 1 Jombang terbukti dengan hasil uji n-gain score untuk kelompok eksperimen sebesar 723.5979% maka termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian disarankan untuk meningkatkan layanan bimbingan dan konseling menggunakan teknik assertive training guna meningkatkan konsep diri positif pada siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | S1 12306183049 POPPY KOESTIAWAN PUTRI |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 06:30 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 06:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32670 |
Actions (login required)
View Item |