EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA KELAS XI MAN 1 JOMBANG

POPPY KOESTIAWAN PUTRI, 12306183049 (2023) EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA KELAS XI MAN 1 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA KELAS XI DI MAN 1 JOMBANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Jombang dengan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan yaitu quasi experiment dengan rancangan non equivalent control group design yang menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimana tingkat konsep diri positif siswa kelas XI di Man 1 Jombang?; dan (2) bagaimana efektivitas teknik assertif Training untuk meningkakan konsep diri positif siswa kelas XI di Man 1 Jombang?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat konsep diri positif siswa di kelas XI Man 1Jombang; dan (2) untuk mengetahui bagaimana efektifitas teknik assertive training untuk meningkatkan konsep diri positif siswa kelas XI Man Jombang. Teknik analisis data menggunakan uji-t independent sampel t test dan uji n-gain score dilakukan dengan cara menghitung selisih antara nilai pretest dan nilai posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik assertive training efektif untuk meningkatkan konsep diri positif siswa MAN 1 Jombang terbukti dengan hasil uji n-gain score untuk kelompok eksperimen sebesar 723.5979% maka termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian disarankan untuk meningkatkan layanan bimbingan dan konseling menggunakan teknik assertive training guna meningkatkan konsep diri positif pada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 12306183049 POPPY KOESTIAWAN PUTRI
Date Deposited: 07 Feb 2023 06:30
Last Modified: 07 Feb 2023 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32670

Actions (login required)

View Item View Item