PENERAPAN MODEL PAIKEM GEMBROT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII C SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN 2015

AHMAD SAIFUL ANSOR, 3214113041 (2016) PENERAPAN MODEL PAIKEM GEMBROT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII C SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN 2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad Saiful Ansor. 3214113041. 2015. “ Penerapan Model PAIKEM GEMBROT (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, Berbobot) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Volume Kubus dan Balok peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut, Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Matematika, IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. Muniri. M.pd. Kata Kunci : Prestasi, PAIKEM GEMBROT, Volume Kubus Dan Balok. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi siswa pada pelajaran matematika, serta minat belajar peserta didik yang juga rendah. Hal ini dikarenakan banyaknya aktifitas peserta didik yang menguras otak maupun tenaga dari peserta didik, serta Pelajaran madrasah yang lebih dikedepankan daripada sekolah umum . Fokus penelitian ini adalah: (1) Apakah proses pembelajaran menggunakan model PAIKEM GEMBROT dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik VIII SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut, Tulungagung tahun ajaran 2014/2015?(2)Bagaimana peningkatan prestasi VIII SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut, Tulungagung tahun ajaran 2014/2015 setelah diterapkannya model PAIKEM GEMBROT? Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sumbar data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas VIII C SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut, Tulungagung. Metode pengumpulan data (1) Test (2) Penugasan (3) Wawancara (4) Observasi (5) Catatan Lapangan. Model Analisis data yang digunakan adalah (1) Reduksi data (2) Penyajian Data (3) penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan model PAIKEM GEMBROT dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik VIII SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut, Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. (2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi peserta didik kelas VIII SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut, Tulungagung tahun ajaran 2014/2015 setelah diterapkannya model PAIKEM GEMBROT . Hasil penelitian secara empiris menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM GEMBROT dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi volume kubus dan balok. Pembelajaran ini dilakukan dengan model individu dan kelompok. Dalam hal ini, peserta didik dituntut untuk aktif, dan peserta didik juga diberi keleluasaan dalam mengungkapkan ide atau gagasannya. Dari hasil penelitian juga ditemukanbahwa pemahaman peserta didik terhadap materi volume kubus dan balok adalah baik dan peserta didik juga aktif dalam kerja kelompok serta aktif dalam diskusi kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini didasarkan pada guru agar melaksanakan pembelajaran materi volume kubus dan balok dengan menggunakan model PAIKEM GEMBROT. Karena didalam PAIKEM GEMBROT suasana belajar gangat dianggap penting, sehingga prestasi peserta didik dapat meningkat. Dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM GEMBROT memiliki banyak kegunaan. Pendekatan PAIKEM GEMBROT ini terkesan penyaluran kesenangan. jika menggunakan pembelajaran kelompok, peserta didik bebas menentukan tempat duduk. Tidak hanya terpaku dengan tempat duduk yang sebelumnya dan tetap duduk disitu saja.serta disini nanti jaga terkesan ada persaingan sehingga dari hal itu dapat menggugah gairah semangat belajar peserta didik, dan peserta didik semakin termotivasi. Kelebihan dari pembelajaran dengan model PAIKEM GEMBROT untuk peserta adalah merangsang penemuan dan penyelidikan secara mandiri dan kelompok secara aktif didalam dan diluar kelas, selain itu peserta didik membangun hubungan antara konsep dan ide sehingga meningkatkan apresiasi dan pemahaman. Sedangkan kelemahan dari pembelajaran ini selain waktunya yang membutuhkan cukup panjang, seorang guru harus mengevaluasi dampak pembelajarannya. Berdasarkan kelebihan dan kelemahan pembelajaran ini, sudah sepantasnya kita mencoba untuk menerapkan model pembelajaran ini guna untuk mengembangkan kompetensi kita dan peserta didik kita.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214113041 AHMAD SAIFUL ANSOR
Date Deposited: 19 Apr 2016 07:23
Last Modified: 19 Apr 2016 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3269

Actions (login required)

View Item View Item