Ayufilanira, Tyas (2014) Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
TYAS AYUFILANIRA 3217103089.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Penerapan Metode Inquiry, Hasil Belajar IPA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa kurang aktif dan antusias saat pembelajaran IPA berlangsung. Selain itu siswa cenderung pasif dikarenakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu ceramah tunggal yang monoton, sehingga pembelajaran sering berpusat pada guru yang pada akhirnya membuat siswa merasa jenuh. Dampak dari itu semua mengakibatkan hasil belajar siswa kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung relatif kurang memuaskan. Oleh sebab itu pada penelitian tindakan kelas ini mencoba untuk menolong demi mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dengan menerapkan metode inquiry, khususnya pada pembelajaran IPA. Metode inquiry mempunyai banyak kelebihan yang pada dasarnya dapat menanamkan konsep pengetahuan pada diri siswa secara langsung, sehingga jika metode tersebut diterapkan pada pembelajaran IPA yang relatif bersifat abstrak dapat dicerna oleh siswa dan tertanam kuat pada dirinya. Dengan penerapan metode inquiry diharapkan dapat mengatasi masalah yang ditemukan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses penerapan metode inquiry pada pembelajaran IPA pokok bahasan gerak benda pada siswa kelas III di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? xxii (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode inquiry pada pembelajaran IPA pokok bahasan gerak benda pada siswa kelas III di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskankan proses penerapan metode inquiry pada pembelajaran IPA pokok bahasan gerak benda pada siswa kelas III di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode inquiry pada pembelajaran IPA pokok bahasan gerak benda pada siswa kelas III di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan, pola pikir, sikap, dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai seorang guru. Bagi MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pembelajaran baik bagi guru maupun bagi lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya metode inquiry. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dimulai dari tes awal nilai rata-rata siswa 48,21 dengan persentase ketuntasan 28,58%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata siswa hanya mencapai 68,39 dengan persentase ketuntasan belajar 64,29%, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,60 dengan persentase ketuntasan 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiry dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Dec 2014 07:36 |
Last Modified: | 04 Dec 2014 07:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/327 |
Actions (login required)
View Item |