PERUBAHAN AKAD PADA PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA PETANI BIJI JENITRI DENGAN CV. BRAWIJAYA AGUNG (Studi Kasus Desa Soso Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar)

FITRIA NUR HIDAYAH, 12101183058 (2023) PERUBAHAN AKAD PADA PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA PETANI BIJI JENITRI DENGAN CV. BRAWIJAYA AGUNG (Studi Kasus Desa Soso Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan akad dalam kerjasama petani jenitri dengan CV. Brawijaya Agung, sehingga tidak sesuai dengan kesepakatan pada awal perjanjian, dengan seluruh modal ditanggung oleh petani jenitri selaku pemilik modal. Perubahan akad tersebut akan mempengaruhi porsi pembagian keuntungan yang telah disepakati. Sehingga menarik dikaji untuk mengetahui bagaimana praktik perjanjian kerjasama antara petani jenitri dengan CV. Brawijaya Agung dalam perspektif hukum islam. Rumusan masalah: 1) Bagaimana praktik kerjasama yang dilakukan antara petani biji jenitri dengan CV. Brawijaya Agung desa Soso kabupaten Blitar? 2) Bagaimana pembagian keuntungan dan risiko kerugian pada kerjasama yang disepakati oleh petani biji jenitri dengan CV. Brawijaya Agung desa Soso kabupaten Blitar? 3) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap perubahan akad pada perjanjian kerjasama antara petani biji jenitri dengan CV. Brawijaya Agung desa Soso kabupaten Blitar? Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, paparan dan penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian: 1) kerjasama antara petani jenitri dengan CV. Brawijaya Agung menggunakan akad mudarabah musytarakah yang mana modal dikeluarkan oleh pemilik modal dan pengelola setelah berubahnya akad dan dilakukan secara lisan. Modal berupa uang dan biji jenitri dengan jumlah yang sudah ditentukan. 2) Sistem pembagian keuntungan dibagi dengan sistem Profit Sharing dengan besaran 30% CV. Brawijaya Agung dan 70% petani. Setelah berubahnya akad yang menjadikan CV. Brawijaya Agung ikut serta mengeluarkan modal dengan kesepakatan para pihak yang berakad, keuntungan dari petani A berubah menjadi 33% dan 67%. Sedangkan dari petani B tetap berdasarkan pada awal perjanjian. 3) Perubahan akad pada perjanjian kerjasama petani jenitri dengan CV. Brawijaya Agung tidak merusak akad yang telah disepakati pada awal perjanjian dan hukumnya sah, karena masih sesuai dengan prinsip keadilan dan prinsip ‘an-taradin minkum sikap rela, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101183058 FITRIA NUR HIDAYAH
Date Deposited: 08 Feb 2023 04:14
Last Modified: 08 Feb 2023 04:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32716

Actions (login required)

View Item View Item