Keluar dari Kemelut Krisis Pendidikan Islam (Ke arah reformulasi paradigma filosofis) dalam jurnal terakreditasi Sosio Religia

Dr. Akhyak, M.Ag, - (2009) Keluar dari Kemelut Krisis Pendidikan Islam (Ke arah reformulasi paradigma filosofis) dalam jurnal terakreditasi Sosio Religia. Ilmu Agama dan Ilmu Sosial, 8 (2). pp. 477-496. ISSN 1412-2367

[img]
Preview
Text
01 Cover Luar.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 Cover Dalam.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 Editorial.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 Daftar Isi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 Akhyak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
21 Indeks Jurnal.pdf

Download (122kB)
[img]
Preview
Text
22 Submission.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam dalam era perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini semakin dipertanyakan relevansinya, terutama jika dikaitkan kontribusinya bagi pembentukan budaya modern yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu dan teknologi. Pendidikan Islam belum mampu memfungsikan diri sebagai pendidikan alternatif, dan kurang memiliki kemampuan berhadapan dengan dinamika kehidupan manusia yang cepat, karena pendidikan Islam masih bergumul dengan problem yang mengitarinya. Dalam ranah implementasi, realita pendidikan Islam terjangkit krisis spiritual, krisis intelektual dan krisis moral. Ketiga krisis tersebut perlu mendapatkan perhatian serius dari para stake-holders pendidikan Islam. Oleh karena itu, perlu dikembangkan konsep alternatif dalam upaya melerei krisis dalam pendidikan Islam dengan pendekatan spiritual-dinamis-proporsional, pendekatan pendidikan intelektual-kritis paradigmatic-relegious, dan pendekatan pendidikan moral-modernis-transendental. Gagasan tersebut perlu diimplementasikan dalam pendidikan Islam agar secara fungsional pendidikan Islam memiliki peran sentral dalam melakukan pendidikan manusia di dunia ini secara optimal

Item Type: Article
Subjects: Agama
Divisions: Perpustakaan
Depositing User: Users 1917 not found.
Date Deposited: 03 May 2016 09:47
Last Modified: 27 May 2020 13:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3277

Actions (login required)

View Item View Item