PERAN MODIN SEBAGAI PEMBANTU PEGAWAI PENCATAT NIKAH (P3N) DALAM MEMINIMALISIR PERNIKAHAN SIRRI (Studi Kasus di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar)

MOCH. YAHYA SYAIFULLAH, 12102193190 (2023) PERAN MODIN SEBAGAI PEMBANTU PEGAWAI PENCATAT NIKAH (P3N) DALAM MEMINIMALISIR PERNIKAHAN SIRRI (Studi Kasus di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Moch. Yahya Syaifullah, 12102193190, Peran Modin sebagai Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) dalam Meminimalisir Pernikahan Sirri (Studi Kasus di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing: Nuril Farida Maratus, M.H.I., NIP. 199003072019032012. Kata Kunci: Peran modin, P3N, pernikahan, pernikahan sirri. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih adanya praktik pernikahan sirri di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Pernikahan sirri merujuk kepada pernikahan yang belum dicatat secara resmi di KUA sehingga tidak berkekuatan hukum. Serta memperjelas terkait kedudukan dan peran modin sebagai P3N di Kecamatan Garum sehingga memiliki korelasi dengan pelaksanaan pencatatan pernikahan yang pada akhirnya dapat berpengaruh dalam peminimalisiran praktik pernikahan sirri. Rumusan masalah: 1) Bagaimana kedudukan dan peran modin sebagai Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar? 2) Bagaimana peran modin dalam meminimalisir pernikahan sirri di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar? Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analisis dengan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian: 1) Modin memiliki kedudukan yang penting sebagai P3N meskipun KUA Kecamatan Garum bukan termasuk dalam tipologi D1 dan D2 yang secara geografis berada di daerah terluar, terdalam, dan daerah perbatasan. Sedangkan peran modin sebagai P3N di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar yakni membantu masyarakat dalam memenuhi syarat dan rukun nikah, melengkapi berkas persyaratan administrasi, serta memberi solusi ketika masyarakat menemui kendala terkait pelaksanaan pencatatan pernikahan. 2) Peran modin dalam meminimalisir pernikahan sirri di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar ialah dengan berkontribusi melalui kegiatan sosialisasi langsung kepada yang bersangkutan ataupun ceramah saat acara pengajian di desa, kegiatan nikah massal yang diadakan pemerintah kabupaten, dan kegiatan pendampingan untuk calon mempelai. Dengan begitu, modin sebagai P3N dapat membuat upaya meminimalisir praktik pernikahan sirri menjadi lebih efektif dan efisien.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Hukum > Hukum Keluarga Islam
Hukum > Perlindungan Hukum
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: S1 12102193190 MOCH. YAHYA SYAIFULLAH
Date Deposited: 17 Feb 2023 05:42
Last Modified: 17 Feb 2023 05:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32893

Actions (login required)

View Item View Item