Dr. Akhyak, M.Ag, - (2013) Penelitian Implementasi Pendidikan Karakter Di Madrasah Aliyah Swasta (Study multisitus di madrasah darul hikmah tawang sari,madrasah aliyah maarif tulungagung, dan madrasah diponegoro bandung. In: Penelitian Implementasi Pendidikan Karakter Di Madrasah Aliyah Swasta (Study multisitus di madrasah darul hikmah tawang sari,madrasah aliyah maarif tulungagung, dan madrasah diponegoro bandung. Tulungagung PRESS. ISBN 978-602-1329-5
|
Text
penelitian OK.pdf Download (20MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Akhyak, 2013 : Penelitian : Implementasi Pendidikan Karakter di madrasah Aliyah Swasta ( Studi Multi Situs di Madrsah Aliyah darul Hikmah Tawangsari, Madrasah Aliyah Ma’Arif Panggung, dan Madrasah Aliyah Diponegoro Bandung. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan, Karakter. Hasil kajian pusat kurikulum Nasional menyimpulkan bahwa terdapat 18 nilai karakter bangsa yang penting untuk ditanamkan pada diri setiap peserta didik. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penerimana nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran ataupun kemauan, tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Hakikat dari pendidikan Karakter dalam konteks pendidikan di Indonesia adalah pendidikan nilai , yakni pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia sendiri,dalam rangka membina kepribadian generasi muda. Secara Implementasi pendidikan karakter di Indonesia masih belum mendapatkan hasil yang menggembirakan. Oleh karena itu penelitian tentang pendidikan karakter adalah penting untuk dilakukan secara serius oleh pakar pendidikan. Fokus Penelitian ini adalah : 1. Bagaimana strategi pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari, Madrasah Aliyah Ma’Arif Panggung, dan Madrasah Aliyah Diponegoro Bandung Tulungagung tahun 2013 ? 2. Bagaimana Karakteristik Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah darul Hikmah Tawangsari, Madrasah Aliyah Ma’Arif Panggung, dan Madrasah Aliyah Diponegoro Bandung Tulungagung tahun 2013 ?. 3. Bagaimana Urgensi Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari, Madrasah Aliyah Ma’Arif Panggung, dan Madrasah Aliyah Diponegoro Bandung Tulungagung tahun 2013?. Manfaat dan kegunaan penelitian : 1. Penelitian ini dapat digunakan untuk landasan pengembangan Strategi pendidkan karakter di madarasah Aliyah darul Hikmah Tawangsari, Madrasah Aliyah Ma’Arif Panggung, dan Madrasah Aliyah Diponegoro Bandung tahun 2013 2. Penelitian Ini dapat digunakan untuk guru, kepala Madrasah dan para pengurus yayasan dalam meningkatkan program pendidikan karakter di madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari, Madrasah Aliyah Ma’Arif Panggung, dan Madrasah Aliyah Diponegoro Bandung tahun 2013.3. Penelitian ini dapat di gunakan oleh publik sebagai pengetahuan landasan teknis untuk implementasi pendidikan karakter anak. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif naturalistik dengan rancangan studi Multi Kasus, pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik wawancara yang mendalam, observasi partisipan,dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian ini , maka di adakan pemeriksaan keabsahan data dengan diskusi teman sejawat, trianggulasi data, dan sumber data. Kemudian data tersebut di analisis dengan menggunakan analisis data yaitu ; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian :1. Stategi pendidikan Karakter di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulunggaung Indonesia adalah pertama melalui program pengasuhan pondok pesantren modern. Kedua, melalui kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri. Ketiga, melalui program kaderisasi santri. Strategi Pendidikan karakter Di MA Ma’arif Tulungagung dilakukan melalui : pelaksanaan kurikulum muatan lokal yang berbentuk kajian kitab Kuning, penguatan BP, pemberian contoh perilaku kehidupan yang baik, program pelatihan Kesiswaan. Pembinaan penggunaan IT Siswa. Strategi pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Diponegoro Bandung Tulungagung adalah a) melalui penguatan program bimbingan dan penyuluhan, program pelatihan kesiswaan, dan pembinaan kesiswaan, b) Melalui kegiatan ekstra kurikuler pramuka, pencak silat, KSR, Hadroh, dan Sholawat. 2). Karakteristik pendidikan karakter di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung Indonesia adalah, pertama, dengan pendidikan disiplin siswa yang kuat didukung dengan pemberian reward dan punishment yang proporsional. Kedua, dengan pendekatan boarding school (system asrama), Ketiga dengan pendekatan religious. Karakteristik pendidikan di MA Maarif Pondok Pesantren Panggung Tulungagung dilaksanakan Melalui : Pendidikan disiplin dengan mengacu pada pola karakteristik yang telah ditetapkan oleh pondok pesantren salaf, Program sekolah yang terstruktur baik intra maupun Extra, Melalui pendekatan Psikologis yang mengarah pada penyadaran siwa terhadap perilaku positif yang dilakukan oleh guru . Karakteristik pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Diponegoro Bandung : a) mengacu pada pembinaan kesiswaan yang berorientasi pada visi dan Misi KEMENAG RI . b). pendidikan karakter melalui penguatan tata tertib sekolah. c) Optimalisasi peran guru untuk bertanggung jawab melakukan pendidikan karakter secara kontinyu dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan diluar kelas. 3. Urgensi pendiikan karakter di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung Indonesia adalah Pertama, Menekankan Panca jiwa Pondok yaitu kesederhanaan, keikhlasan, berdikari,Ukhuwah Islamiyah, kebebasan.Kedua, membentuk Ulama’ yang Intelek, Inteklek Yang Ulama’.Urgensi pendidikan Karakter Di MA Maarif pondok pesantren Panggung Tulungagung adalah : pembentukan Siswa yang Berakhlakul Karimah baik di sekolah, dirumah, dan di masyarakat. Membentuk siswa yang mampu menghadapi tantangan masa depan dengan kecerdasan intelektual dan keanggunan Moral. Urgensi pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Diponegoro bandung Tulungagung adalah mendidik Siswa agar memiliki kepribadian yang luhur dan jiwa sosial yang tinggi
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Perpustakaan |
Depositing User: | Users 1917 not found. |
Date Deposited: | 03 May 2016 10:51 |
Last Modified: | 27 May 2020 13:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3290 |
Actions (login required)
View Item |