“MANAJEMEN WAKAF TUNAI DALAM PENCAPAIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DAN MAQASHID SYARIAH FI HIFDZI MAL” (Studi Empiris Lembaga Wakaf Universitas Islam Malang)

RISMA YULIANTI, 128508203029 (2023) “MANAJEMEN WAKAF TUNAI DALAM PENCAPAIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DAN MAQASHID SYARIAH FI HIFDZI MAL” (Studi Empiris Lembaga Wakaf Universitas Islam Malang). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (935kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kata kunci: Manajemen wakaf tunai, SDGs, Maqashid Syariah Fi Hifdzi Mal Tesis dengan judul “Manajemen Wakaf Tunai Dalam Pencapaian Sustainable Development Goals dan Maqashid Syariah Fi Hifdzi Mal (Studi Empiris Lembaga Wakaf Universitas Islam Malang)” ini di tulis oleh Risma Yulianti NIM 128508203029. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh oleh fenomena kemiskinan di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan, Dalam upaya mengentaskan kemiskinan yang telah lama mengakar, pemerintah mencoba untuk memaksimalkan SDGs melalui berbagai langkah strategis. Dalam hal ini wakaf tunai memiliki potensi untuk menunjang ketercapaian pembangunan berkelanjutan melalui pengelolaan yang modern dan produktif lewat program pengembangan pengembangan wakaf tunai di Lembaga wakaf Universitas Islam Malang serta beririsan dengan Maqashid Syariah Fi Hifdzi Al-Mal. Dalam penelitian ini terdapat 3 rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana manajemen wakaf tunai di Lembaga wakaf UNISMA? 2) Bagaimana implementasi manajemen wakaf tunai di Lembaga Wakaf Universitas Islam Malang (UNISMA) terhadap pencapaian SDGs? 3) Bagaimana implementasi manajemen wakaf tunai di Lembaga Wakaf Universitas Islam Malang (UNISMA) terhadap pencapaian maqashid syariah fi hifdzi mal? Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah 1) manajemen wakaf tunai di Lembaga wakaf UNISMA meliputi 3 hal yakni penghimpunan, pendayagunaan dan pelaporan hasil wakaf. Dalam penghimpunannya wakaf tunai yang dikembangkan berasal dari dana KEMENAG, kemudian pendayagunaan wakaf tunai berupa pembangunan ruang VIP RSI Malang dan minimarket al-khaibar. Selanjutnya untuk pengawasan dan pelaporan hasil wakaf setiap 6 (enam) bulan sekali meliputi pelaksanaan pengelolaan, pengembangan, pemanfaatan hasil wakaf uang dan rencana pengembangan untuk tahun berikutnya 2) bahwa implementasi manajemen wakaf uang di Lembaga wakaf UNISMA memiliki beberapa peran positif terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan yakni: a) Tujuan 1 menghapus kemiskinan (No Poverty) b) Tujuan 3 kesehatan yang baik dan kesejahteraan sosial c) Tujuan 8 pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi 3) bahwa implementasi maqashid syari’ah fi hifdzi mal yang dilakukan Nadzhir Lembaga wakaf UNISMA adalah dengan memberikan bisyaroh rutin kepada mauquf alaih, namun sejak adanya pandemic covid-19 diadakan penghematan pengeluaran dalam operasional pengelolaan wakaf tunai sehingga dapat disisihkan kepada 20 mauquf alaih pada bulan September 2021 dan Februari 2022.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 128508203029 RISMA YULIANTI
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:35
Last Modified: 27 Feb 2023 02:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32968

Actions (login required)

View Item View Item