Optimalisasi Pendidikan Humanistik di Sekolah Dasar (Studi Multisitus di SD Alam Insan Mulia dan SDS Wahidiyah Tulungagung)

Khabibur Rohman, 2845134027 (2016) Optimalisasi Pendidikan Humanistik di Sekolah Dasar (Studi Multisitus di SD Alam Insan Mulia dan SDS Wahidiyah Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
Latest Edit.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis yang berjudul “Optimalisasi Pendidikan Humanistik di Sekolah Dasar (Studi Multisitus di SD Alam Insan Mulia Surabaya dan SDS Wahidiyah Tulungagung)” ini ditulis oleh Khabibur Rohman dibawah bimbingan dan arahan Prof. Dr. Mujamil Qomar, dan Dr. Nur Efendi, M.Ag. Kata kunci: Pendidikan Humanistik, Optimalisasi, Pendidikan Dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan terjadinya distorsi nilai-nilai kemanusiaan yang terjadi hampir di semua aspek kehidupan manusia. Hancurnya rasa kemanusiaan, terkikisnya nilai-nilai relijius, serta hilangnya jatidiri bangsa adalah sedikit diantaranya. Institusi pendidikan yang digadang-gadang menjadi instrumen yang paling tepat dan strategis untuk mengembalikan distorsi nilai-nilai kemanusian justru kurang memainkan peranannya secara maksimal. Pendidikan saat ini terlalu fokus mengurusi aspek kognitif semata, dan cenderung kurang memperhatikan potensi-potensi lahiriah lainya. Pendidikan humanistik diharapkan mampu membentuk seorang individu yang memiliki komitmen humaniter sejati, yaitu manusia yang memiliki kesadaran, kebebasan, dan tanggung jawab sebagai mahluk individual sekaligus sosial. SD Alam Insan Mulia Surabaya dan SDS Wahidiyah Tulungagung adalah contoh sekolah yang berkomitmen untuk menerapkan konsep pendidikan humanistik. Penelitian ini adalah wujud dari rasa keingintahuan peneliti akan upaya-upaya yang dilakukan oleh SD Alam Insan Mulia Surabaya dan SDS Wahidiyah dalam mengoptimalkan pendidikan humanistik sekaligus mengetahui hasil dari konsep pembelajaran tersebut. Untuk Mengetahui hal diatas, maka peneliti merumuskan pertanyaan penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimanakah upaya yang dilakukan oleh SD Alam Insan Mulia Surabaya dan SDS Wahidiyah dalam mengoptimalkan pendidikan humanistik? 2) Bagaimanakah hasil optimalisasi pendidikan humanistik di SD Alam Insan Mulia dan SDS Wahidiyah? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui upaya SD Alam Insan Mulia Surabaya dan SDS Wahidiyah dalam menerapkan pendidikan humanistik. 2) Untuk mengetahui hasil optimalisasi pendidikan humanistik di SD Alam Insan Mulia Surabaya dan SDS Wahidiyah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pemaparan informasi temuan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi. Mengingat bahwa penelitian ini dilakukan di lebih dari satu situs dengan karakteristik yang berbeda (multisitus), maka data yang terkumpul terleih dahulu dianalisis secara individu, baru kemudian dilakukan analisis data lintas- situs. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Untuk mengoptimalkan penerapan pendidikan humanistic perlu dilakukan beberapa hal. Salah satunya adalah dengan menempatkan peserta didik sebagai pusat kegiatan pembelajaran, menciptakan suasana yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran. Karena dengan cara ini potensi yang dimiliki peserta didik akan berkembang secara optimal. Selain itu diperlukan sinergi antara keluarga, sekolah dan lingkungan dalam membantu peserta didik menemukan bakatnya, kemudian mengembangkannya dan untuk selanjutnya mengaktualisasikannya. (2) Pendidikan humanistic menghasilkan peserta didik yang cakap mengolah informasi, hal ini karena dalam kegiatan pembelajaran peserta didik dilibatkan dalam proses pencarian pengetahuan, peserta didik terlibat aktif dalam setiap kegiatan belajar. Selain itu pendidikan humanistic juga menghasilkan peserta didik yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Para peserta didik tersebut tidak ragu untuk menunjukan potensi yang dimilikinya, untuk kemudian mengaktualisasikan kemampuan yang dimiliki tersebut.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: M.Pd.I Khabibur Rohman
Date Deposited: 13 May 2016 06:41
Last Modified: 13 May 2016 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3303

Actions (login required)

View Item View Item