Korelasi Penerapan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung

Monica, Yenie (2014) Korelasi Penerapan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (311kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci :Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran,Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi masih banyaknya guru termasuk guru PAI dalam proses pembelajarannya masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang variatif, kurang memanfaatkan fasilitas media pembelajaran yang ada, dan kurang menguasai pengelolaan kelas. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah korelasi penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan metode pembelajaran dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung? (2) Adakah korelasi penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung (3) Adakah korelasi penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas dengan prestasi belajar di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi penerapan strategi pembelajaran PAI dalam menggunakan metode pembelajaran, menggunakan media pembelajaran, dan pengelolaan kelas dengan prestasi belajar. Pola penelitian: Penelitian pendidikan, penelitian deskriptif dan penelitian korelasional. Populasi: Siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung semester genap tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 201 siswa. Sampling: Stratified Proportional Random Sampling. Sampel: 30 siswa. Variabel bebas: Penerapan strategi pembelajaran PAI (dengan sub variabel: Penerapan strategi pembelajaran PAI dalam penggunaan metode pembelajaran, Penerapan strategi pembelajaran PAI dalam penggunaan media pembelajaran, dan Penerapan strategi pembelajaran PAI dalam pengelolaan kelas, Variabel terikat: Prestasi belajar. Sumber data: responden, dokumentasi. Metode pengumpulan data: angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data: data teoritis menggunakan metode deduktif dan komparatif, dan data empiris menggunakan metode induktif dengan bantuan statistik melalui rumus chikuadrat, koefisien kontingensi dan phi. Hasil Penelitian : (1) Ada korelasi positif yang signifikan antara Penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan metode pembelajaran dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung, (2) Ada korelasi positif yang signifikan antara Penerapan strategi xvii pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung, (3) Ada korelasi positif yang signifikan antara Penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2014 07:50
Last Modified: 04 Dec 2014 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item View Item