PERSPEKTIF GENERASI MUDA TENTANG TRADISI ARAH NGALOR NGULON DALAM PANTANGAN PERNIKAHAN DI DESA KEDAWUNG KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR.

AHMAD HANIF AFFIFUDIN, 12309173009 (2023) PERSPEKTIF GENERASI MUDA TENTANG TRADISI ARAH NGALOR NGULON DALAM PANTANGAN PERNIKAHAN DI DESA KEDAWUNG KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
PERSPEKTIF GENERASI MUDA TENTANG TRADISI ARAH NGALOR NGULON.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Tradisi pantang pernikahan ngalor-ngulon merupakan tradisi yang ada sejak zaman dahulu yang menjadi salah satu aturan tidak tertulis bagi masyarakat Jawa dalam menentukan pernikahan. Namun dengan semakin berkembangnya ilmu teknologi dan adanya arus globalisasi. Apakah tradisi semacam ini masih menjadi bagian penting bagi generasi muda atau mereka memiliki perspektif sendiri melihat tradisi tersebut. Hal ini menarik untuk diteliti dikarenakan salah satu bentuk kelestarian sebuah kebudayaan terletak kepada generasi mudanya dan juga melihat sejauh mana tradisi pantangan pernikahan ngalor-ngulon dipraktikan dalam masyarakat di Desa Kedawung. Hal tersebutlah yang akan menjadi fokus penelitian dan juga menjadi pertanyaan riset yaitu bagaimana praktik tradisi pantangan pernikahan ngalor-ngulon di Desa Kedawung dan juga melihat bagaimana perspektif generasi muda tentang tradisi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode etnografi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa praktik tradisi pantangan pernikahan ngalor-ngulon masih menjadi tradisi yang masih menjadi sebuah aturan yang dipegang teguh, kalau melihat dari generasi mudanya ada terjadi perubahan perspektif mengenai tradisi ini. Mereka menganggap tradisi tersebut hanyalah sebuah mitos belaka dan sudah tidak relevan pada zaman modern ini, namun ada juga yang masih mempraktikan karena perintah dari orang tuanya dan bukan karena kemauannya sendiri. Perubahan-perubahan persepktif semacam ini akan selalu ada tiap generasi ke generasi disebabkan berbagai hal. Dan bisa jadi tradisi tersebut akan berubah atau bahkan hilang karena sudah tidak ada yang menjalankan. Kata Kunci: Tradisi, Pernikahan, Perpsektif, Perubahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Sosiologi Agama
Sosiologi Agama > Tradisi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sosiologi Agama
Depositing User: 12309173009 AHMAD HANIF AFFIFUDIN
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:45
Last Modified: 08 Mar 2023 07:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33231

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item