EKSPLORASI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA KELAS KALKULUS INTEGRAL DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF MAHASISWA

Maryono, 198103302005011007 and Ummu Sholihah, 198008222008012018 (2022) EKSPLORASI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA KELAS KALKULUS INTEGRAL DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF MAHASISWA. Aksioma Jurnal, 11 (2). pp. 1473-1486. ISSN 2422-5419

[img]
Preview
Text
EKSPLORASI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA KELAS KALKULUS INTEGRAL DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF MAHASISWA.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematik...

Abstract

Covid-19 telah mengubah tatanan dunia dan bidang-bidang kehidupan, mulai dari bisang sosial, kesehatan, ekonomi, dan tidak terkecuali bidang pendidikan. Adapun untuk bidang pendidikan pemerintah telah membuat kebijakan dengan menghentikan kegiatan tatap muka (pembelajaran luring) dan diganti dengan pembelajaran daring. Pada titik inilah seorang guru dituntut untuk memiliki Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK). TPACK merupakan sebuah kerangka konseptual yang memperlihatkan hubungan antara tiga pengetahuan yang harus dikuasai oleh guru, yaitu teknologi, pedagogi, dan konten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan TPACK pada kelas Kalkulus Integral dengan menggunakan metode kualitatif studi kasus. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, karena peneliti yang mengumpulkan sendiri data melalui observasi, atau wawancara dengan subjek. Untuk menunjang data penelitian, diperlukan instrumen pendukung, yaitu: (1) Angket untuk memotret TPACK Dosen pada kelas Kalkulus Integral, dan (2) Lembar Observasi, untuk mencatat hal-hal penting selama proses pelaksanaan observasi pada kelas virtual.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 7 komponen TPACK sebagian besar persepsi mahasiswa menunjukkan bahwa TPACK pada kelas Kalkulus menunjukan hasil baik dan sangat baik dan sebagian kecil menunjukkan hasil kurang baik dan cukup.

Item Type: Article
Subjects: Artikel Dosen
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dr. 198008222008012018 Ummu Sholihah
Date Deposited: 16 Mar 2023 02:15
Last Modified: 16 Mar 2023 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33288

Actions (login required)

View Item View Item