ERINA DWI SUSANTI, 17204163255 and Ummu Sholihah, 198008222008012018 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF CORPORATE PADA MATERI LUAS DAN VOLUME BOLA. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1). pp. 37-46. ISSN 2685-2373
|
Text
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF CORPORATE PADA MATERI LUAS DAN VOLUME BOLA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang berupa e-modul berbasis Flip PDF Corporate pada materi luas dan volume bola yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model penelitian Borg & Gall, hanya 8 langkah, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian. Pada tahap uji coba efektifitas, penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design. Sampel yang digunakan siswa kelas VI SDN 1 Gamping, Tulungagung. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Nilai angket validitas dari ahli media adalah 95,6% dan ahli materi sebesar 93,4% termasuk kategori sangat valid. Nilai angket rata-rata kepraktisan pada uji coba pada siswa pada adalah 77,5 % termasuk kategori praktis. Pada uji independent sample t test dari hasil tes diperoleh nilai thitung adalah 5,592 dan ttabel adalah 2,080. Karena nilai thitung > ttabel maka terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas kontrol dan eksperimen dan juga diketahui rata-rata kelas eksperimen yaitu 79,50 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 63,85. Dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Flip PDF Corporate pada materi luas dan volume bola valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Artikel Dosen Matematika Matematika > Masalah Matermatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Dr. 198008222008012018 Ummu Sholihah |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 02:14 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 02:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33300 |
Actions (login required)
View Item |