KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Zida Amalia, 17204153212 and Ummu Sholihah, 198008222008012018 (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya, 1 (1). pp. 191-201. ISSN 2830-2990

[img]
Preview
Text
KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://conference.um.ac.id/index.php/snmp/article/...

Abstract

Berpikir lateral merupakan pola berpikir yang tetap menggunakan fakta-fakta yang ada untuk menentukan hasil akhir yang diinginkan dan secara kreatif mencari alternatif pemecahan masalah dari berbagai sudut pandang yang paling mungkin yang salah satunya dipengaruhi oleh gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir lateral siswa dengan gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik dalam memecahkan masalah bangun datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui kemampuan berpikir lateral siswa dengan gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik mampu mengenali ide dominan dari masalah yang sedang dihadapi dan mampu menggunakan ide-ide acak untuk membangkitkan ide-ide baru. Siswa auditorial cenderung menggunakan satu cara untuk memecahkan permasalahan dan tidak fleksibel dalam berpikir, sedangkan siswa visual dan kinestetik cenderung menggunakan lebih dari satu cara untuk memecahkan permasalahan, dan fleksibel dalam berpikir.

Item Type: Article
Subjects: Artikel Dosen
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dr. 198008222008012018 Ummu Sholihah
Date Deposited: 16 Mar 2023 02:11
Last Modified: 16 Mar 2023 02:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33304

Actions (login required)

View Item View Item