Zida Amalia, 17204153212 and Ummu Sholihah, 198008222008012018 (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya, 1 (1). pp. 191-201. ISSN 2830-2990
|
Text
KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berpikir lateral merupakan pola berpikir yang tetap menggunakan fakta-fakta yang ada untuk menentukan hasil akhir yang diinginkan dan secara kreatif mencari alternatif pemecahan masalah dari berbagai sudut pandang yang paling mungkin yang salah satunya dipengaruhi oleh gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir lateral siswa dengan gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik dalam memecahkan masalah bangun datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui kemampuan berpikir lateral siswa dengan gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik mampu mengenali ide dominan dari masalah yang sedang dihadapi dan mampu menggunakan ide-ide acak untuk membangkitkan ide-ide baru. Siswa auditorial cenderung menggunakan satu cara untuk memecahkan permasalahan dan tidak fleksibel dalam berpikir, sedangkan siswa visual dan kinestetik cenderung menggunakan lebih dari satu cara untuk memecahkan permasalahan, dan fleksibel dalam berpikir.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Artikel Dosen Matematika Matematika > Masalah Matermatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Dr. 198008222008012018 Ummu Sholihah |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 02:11 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 02:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33304 |
Actions (login required)
View Item |