AKHSANA 'ILLIYIN SANTOSO, 12208183177 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 5 KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (403kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (53kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (91kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci:Media Pembelajaran, E-Modul IPA, Materi Struktur dan Fungsi Jaringan padaTumbuhan, Hasil Belajar Siswa. Penelitian dan pengembangan E-Modul IPA materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan adalah materi yang sulit dengan banyak istilah, nama ilmiah, dan gambar asing yang membuat siswa kesulitan untuk memahami materi ini jika hanya menggunakan media belajar konvensional. Hal ini diduga mengakibatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan masih dibawah nilai KKM yang ditetapkan. Pengembangan E-Modul IPA dalam materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan dapat mempermudah pendidik dalam menvisualisasi organ dan jaringan pada tumbuhan dengan lebih baik, karena E-Modul IPA didesain dengan menggabungkan antara gambar, animasi, dan video. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah (1) Untuk mengetahui pengembangan E-Modul IPA pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan kelas VIII di MTs Negeri 5 Kediri. (2) Untuk mengetahui kelayakan E-Modul IPA pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan kelas VIII di MTs Negeri 5 Kediri. (3) Untuk mengetahui efektifitas E-Modul IPA pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapa yaitu; 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental, dengan desain penelitian Pretest-posttest Non Equivalen Control Group Desain. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri 5 Kediri, sedang sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yairu kelas VIII-H sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Pengujian hipotesis dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian dan pengembangan ini diperoleh: (1) E-Modul IPA materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan kelas VIII materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan dikembangkan dengan aplikasi Power Point 2016, Microsoft Word 2016, dan Pinterest. Komponen penyusun E-Modul IPA adalah A. Bagian Awal, terdiri: Halaman sampul, Halaman ayat Al-Quran, Halaman judul dalam, Kata pengantar, Daftar isi, Daftar gambar, Daftar tabel. B. Bab I (Pendahuluan) terdiri: Peta konsep, Perangkat pembelajaran, Petunjuk penggunaan E-Modul. C. Bab II (Materi) terdiri: Struktur organ pada tumbuhan, Jaringan pada tumbuhan, Proses biologi pada tumbuhan, Teknologi yang terinspirsi dari tumbuhan. D. Bab III (Evaluasi & Penutup) terdiri: Tugas kelompok, Uji kompetensi, Daftar pustaka, Glosarium, Biografi Penulis. (2) E-Modul IPA materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan kelas VIII yang dikembangkan mendapatkan hasil validasi materi sebesar 95% dari ahli materi dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Mendapatkan hasil validasi media sebesar 94,4% dari ahli media dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan dengan revisi. Mendapatkan hasil validasi guru IPA sebesar 97,7% dari guru IPA kelas VIII MTs Negeri 5 Kediri dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Mendapatkan hasil uji keterbacaan siswa sebesar 96,64% dari siswa kelas XI-G dengan kategori sangat baik dan dapat digunakan sebagai media belajar siswa. (3) Penggunaan E-Modul IPA pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan untuk kelas VIII di MTs Negeri 5 Kediri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 Kediri. Hal ini diperoleh bedasarkan hasil uji-t yang menunjukkan nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 nilai ini lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Modul IPA materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > E-Learning Pendidikan > Media Pembelajaran Biologi > Tumbuhan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Akhsana IS 12208183177 Akhsana 'Illiyin Santoso |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 07:52 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 07:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33384 |
Actions (login required)
View Item |