PERAN PEREMPUAN SINGLE PARENT DALAM MEMIMPIN USAHA KELUARGA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Kecamatan Karangrejo Tulungagung)

YUNIA FATIMATUZ ZAHROH, 12102183031 (2023) PERAN PEREMPUAN SINGLE PARENT DALAM MEMIMPIN USAHA KELUARGA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Kecamatan Karangrejo Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (637kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Perceraian dan perpisahan orang tua membawa dampak negatif pada kesejahteraan fisik dan psikologis seluruh anggota keluarga. Lagi-lagi sebagai seorang janda adalah hal yang sulit karena ia harus memikul tugasnya sendiri sebagai kepala rumah tangga sekaligus sebagai ibu rumah tangga. Di satu sisi mereka harus bertanggung jawab untuk menjadi orang tua tunggal yang akanmendidik, mencari nafkah bagi anak-anaknya dan di sisi lain mereka merasakan beban psikologis dari masyarakat yang umumnya menganggap kehidupan menjanda sebagai hal yang negative. Permasalahan yang dialami perempuan yang hidup menjanda sangat komplek, mereka harus membesarkan anak-anaknya seorang diri dan menghadapi permasalahan ekonomi, terutama jika saat menikah ia tidak bekerja dan hanya mengandalkan penghasilan dari suaminya. Jadi ketika tiba-tiba ia kehilangan suami yang selama ini menompang prekonomian keluarga, para janda pun tidak memiliki penghasilan tetap. Hal tersebut mengakibatkan perempuan-perempuan yang menjadi janda sering dihadapkan pada kesulitan ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui hubungan janda sebagai pemimpin usaha dengan pekerja laki-laki, dan (2) Untuk mengetahui pandangan hukum islam terhadap hubungan janda sebagai pemimpin usaha dengan pekerja laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif (1) Reduksi data, (2) Pemaparan data, dan (3) Simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Seorang pemimpin perempuan harus memiliki jiwa kepemimpinan seperti Intelejensi, Kepercayaan Diri, Determinasi, Integritas, dan Sosiabilitas dan harus selalu menjaga perilaku mereka di depan para pekerja laki-lakinya agar tidak terjadi apa-apa seperti mejaga tutur kata, perilaku dan cara berpakaian dan (2) Kepemimpinan seorang wanita dalam islam tidak boleh karena pada dasarnya kodrat seorang wanita itu lemah dan selalu membawa perasaaan yang tertuang pada QS. An-Nisa ayat 34.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102183031 YUNIA FATIMATUZ ZAHROH
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:31
Last Modified: 21 Mar 2023 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33408

Actions (login required)

View Item View Item