STRATEGI INOVASI UPT PERPUSTAKAAN NASIONAL BUNG KARNO BLITAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN BAGI PEMUSTAKA DI ERA TEKNOLOGI PASCA PANDEMI

FAKIH ZAMZAM DWI MUKTI, 12310173044 (2023) STRATEGI INOVASI UPT PERPUSTAKAAN NASIONAL BUNG KARNO BLITAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN BAGI PEMUSTAKA DI ERA TEKNOLOGI PASCA PANDEMI. [ Skripsi ]

[img] Text
SKRIPSI ARTIKEL JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada awal tahun 2020 Indonesia terdampak wabah covid-19. Adanya pandemic ini mengharuskan seluruh masyarakat, untuk mengurangi segala aktivitas diruang public. Terkait dengan persoalan tersebut, pemerintah berupaya memberlakukan kebijakan baru yang berkaitan dengan social distancing atau physical distancing dengan harapan mampu memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Dimasa pademi, UPT Perpustakaan Nasional Bung Karno Blitar melakukan inovasi-inovasi baru guna mempertahankan nilai fungsional serta meningkatkan kualitas layanan pemustaka di era digital. Tujuan adanya penelitian ini, ingin membahas mengenai strategi inovasi yang diimplementasikan UPT Perpustakaan Bung Karno Blitar untuk meningkatkan kualitas layanan pasca pandemic. Jenis penelitian yang diterapkan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah, dimasa Pandemi covid-19, Perpustakaan Nasional Bung Karno Blitar membuat beberapa program baru yang pertama yaitu; 1) program SOLASI “Sistem Layanan Anda Pesan Kami Siapkan”. Pada program ini, pengelola menerapkan system pesan buku bacaan melalui whatsapp dengan memperbolehkan pemustaka untuk membaca dilokasi dalam kurun waktu yang telah ditentukan. 2) program SILAKAN “Sistem Layanan Anda Pesan Kami Antar” adanya program ini, karena penyebaran virus semakin hari semakin meningkat sehingga pemustaka tidak diperkenankan datang ke perpustakaan secara langsung dan pengelola menggunakan kurir untuk menghantarkan koleksi perpustakaan kepada pemustaka. 3) UPT Perpustakaan Bung Karno Blitar juga melakukan marketing place di laman Instagramnya https://www.instagram.com/bungkarnolibrary/ serta web resmi yang telah dibuat. 4) program SISKARLING (system pendaftaran kartu anggota keliling). 5) program Safari Literasi, adanya program ini bertujuan untuk mengajak masyarakat belajar dan memahami pemikiran Bung Karno. Kata Kunci: Inovasi, UPT Perpustakaan Nasional Bung Karno Blitar, Kualitas Layanan, Era Teknologi

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Buku
Pendidikan > Daring
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Media Sosial
Bahasa Dan Sastra > Reading
Bahasa Dan Sastra > Sastra
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: S1 12310173044 Fakih Zamzam Dwi Mukti
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:14
Last Modified: 28 Mar 2023 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33438

Actions (login required)

View Item View Item