PENGARUH STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI ATURAN SINUS DAN COSINUS KELAS X SMK NEGERI 1 BANDUNG

KHOFIFAH INDAR PARAWANSA AN-NAWAWY, 12204183217 (2023) PENGARUH STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI ATURAN SINUS DAN COSINUS KELAS X SMK NEGERI 1 BANDUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi Aturan Sinus dan Cosinus Kelas X SMK Negeri 1 Bandung” ini ditulis oleh Khofifah Indar Parawansa An Nawawy, NIM. 12204183217, pembimbing Dr. Muniri, M. Pd. Kata Kunci: Strategi Everyone Is A Teacher Here, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, dan Aturan Sinus dan Cosinus. Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan peserta didik dalam memahami dan menguasai konsep pada teorema atau rumus-rumus Matematika. Belajar Matematika bukan sekedar menghafal rumus melainkan harus memahami konsep agar dapat mengolah dan menerapkannya dalam berbagai bentuk soal. Kemampuan pemahaman konsep ini berbeda-beda antar peserta didik sehingga diperlukan adanya perubahan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik, sifat materi bahan ajar, dan kondisi pendidik itu sendiri. Salah satu strategi yang dapat digunakan yaitu strategi Everyone Is A Teacher Here. Setiap peserta didik berperan sebagai guru bagi peserta didik lainnya. Peserta didik menjelaskan materi di depan kelas dan juga dilatih untuk membuat pertanyaan yang akan dijawab oleh peserta didik lain. Maka semua peserta didik aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi Everyone Is A Teacher Here dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis materi Aturan Sinus dan Cosinus Kelas X SMK Negeri 1 Bandung, (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis materi Aturan Sinus dan Cosinus Kelas X SMK Negeri 1 Bandung, (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis materi Aturan Sinus dan Cosinus Kelas X SMK Negeri 1 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Bandung kelas X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa dan kelas X TBSM 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Data penelitian ini berupa nilai hasil pretest dan post test peserta didik materi Aturan Sinus dan Cosinus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang terdiri dari pretest dan post test, serta dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian ini yaitu lembar soal Pretest dan Post Test materi Aturan Sinus dan Cosinus. Kesimpulan yang dapat ditemukan dalam penelitian ini adalah (1) Penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here tepat digunakan untuk pembelajaran Matematika materi Aturan Sinus dan Cosinus karena langkah-langkahnya sangat efektif dan efisien, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis materi Aturan Sinus dan Cosinus Kelas X SMK Negeri 1 Bandung, (3) Pengaruh strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap penigkatan kemampuan pemahaman konsep matematis materi Aturan Sinus dan Cosinus Kelas X SMK Negeri 1 Bandung sebesar 97%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Khofifah 12204183217 Khofifah Indar Parawansa An-Nawawy
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:17
Last Modified: 03 Apr 2023 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33533

Actions (login required)

View Item View Item