STRATEGI PELAYANAN PEGAWAI FRONTLINERS DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU TULUNGAGUNG SUDIRMAN

AHMAD WILDAN ROJAB, 12401183077 (2023) STRATEGI PELAYANAN PEGAWAI FRONTLINERS DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU TULUNGAGUNG SUDIRMAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pelayanan Pegawai Frontliners dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung Sudirman” ini ditulis oleh Ahmad Wildan Rojab, NIM 12401183077 Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing : Suminto, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan industri perbankan yang sangat pesat, hal ini tentunya harus didorong dengan peningkatan kualitas pelayanan, selain juga peningkatan tentang kualitas produk yang ditawarkan oleh bank syariah. Termasuk di dalamnya adalah Bank Syariah Indonsia yang merupakan gabungan dari tiga Bank BUMN yang merger menjadi satu tentunya sudah memiliki basis nasabah yang loyal sehingga strategi pelayanan diperlukan untuk tetap menjaga basis loyalitas nasabah. Hal ini dilakukan agar Bank Syariah Indonesia tetap bersaing di pasar yang begitu ketat. Benefit yang didapatkan dari nasabah yang loyal adalah terjaganya reputasi perusahaan, efektifitas dana yang dilakukan untuk pemasaran, tergapainya berbagai komponen segmen pasar yang beragam. Fokus penelitian dari skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi Reability pelayanan yang dilakukan pegawai frontliner dalam meningkatkan loyalitas nasabah? (2) Bagaimana strategi Responsiveness pegawai frontliners BSI KCP Tulungagung dalam meningkatkan loyalitas nasabah? (3)Bagaimana Strategi Assurance pegawai frontlinesr dalam meningkatkan loyalitas nasabah BSI KCP Tulungagung Sudirman? Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dari hasil analisis penelitian dapat diketahui bahwa dalam strategi pelayanan pegawai frontliners BSI KCP Tulungagung Sudirman terdapat tiga strategi yaitu Strategi Reability yang meliputi kehandalan dan kompetensi pegawai dalam hal ini termasuk juga kesesuaian informasi yang disampaikan oleh pegawai dengan produk yang didapat oleh nasabah. Kemudian terdapat pula Strategi Responsiveness yang meliputi sikap yang tanggap dan responsif serta manajemen waktu yang efisien dalam memberikan pelayanan bagi nasabah. Untuk yang ketiga yaitu Strategi Assurance yang meliputi keamanan dan kenyamanan kondisi lingkungan perbankan secara fisik, keamanan data nasabah secara privat. Hal ini ditujukan sebagai pemberian jaminan keamanan bagi nasabah .Evaluasi keamanan secara berkala dengan tujuan keamanan dan kenyamanan nasabah menjadi prioritas, hal ini menjadi faktor penting dalam terciptanya basis nasabah yang loyal. Kata Kunci : Strategi Pelayanan, Frontliners, Loyalitas Nasabah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401183077 AHMAD WILDAN ROJAB
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:25
Last Modified: 03 Apr 2023 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33535

Actions (login required)

View Item View Item