PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SD ISLAM SUNAN GIRI WONOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

FIRDAUSIN NOVIATUN NAFIAH, 2817123068 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SD ISLAM SUNAN GIRI WONOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1- SAMPUL.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-JUDUL.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-PERSETUJUAN.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-PENGESAHAN.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelejaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Islam Sunan Giri Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Firdausin Noviatun Nafiah, NIM. 2817123068, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah,Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe make a match, Hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Matematika di SD Islam Sunana Giri Wonorejo, Sumbergempol, Tulungagung, yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah sebab guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan pemberian tugas, serta jarang menggunakan media di dalam pembelajaran. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar Matematika, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada matematika pokok bahasan pecahan sederhana peserta didik kelas III SD Islam Sunan Giri Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada matematika pokok bahasan pecahan sederhana peserta didik kelas III SD Islam Sunan Giri Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada matematika pokok bahasan pecahan sederhana peserta didik kelas III SD Islam Sunan Giri Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada matematika pokok bahasan pecahan sederhana peserta didik kelas III SD Islam Sunan Giri Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Islam Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung dengan jumlah peserta didik 11 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari pre test yaitu nilai rata-rata hasil belajar adalah 66,12 (41,67%) yang berada pada kriteria kurang, sedangkan padasiklus pertama ke siklus kedua yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus pertama adalah 82,04 (79,17%) yang berada pada kriteria cukup baik, sedangkan pada tes akhir siklus kedua adalah 92,44 (95,8%) dan berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan dari pre test ke siklus pertama sebesar 15,92 (37,5%)dan dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 10,4 (16,63%). Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi pecahan sederhana kelas III di SD Islam Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123068 FIRDAUSIN NOVIATUN NAFIAH
Date Deposited: 27 Jul 2016 04:08
Last Modified: 27 Jul 2016 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3365

Actions (login required)

View Item View Item