PERLINDUNGAN HUKUM DAN SOSIAL TERHADAP KORBAN PERDAGANGAN ANAK DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 (Studi Kasus Di Kabupaten Tulungagung)

BINTI AYYUL HUSNAINI, 12102183159 (2023) PERLINDUNGAN HUKUM DAN SOSIAL TERHADAP KORBAN PERDAGANGAN ANAK DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 (Studi Kasus Di Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Binti Ayyul H, 12102183159, Perlindungan Hukum dan Sosial Terhadap Korban Perdagangan Anak: Studi Kasus Di Kabupaten Tulungagung ditinjau dari Prespektif Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002, Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Dian Ferricha, S.H., M.H. Kata Kunci: Anak, Perdagangan Orang, Perlindungan, Hukum Positif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perdagangan anak telah lama terjadi khususnya di Kabupaten Tulungagung. Perdagangan anak merupakan tindakan yang bertentangan dengan harkat dan martabat manusia. Faktor ekonomi dan kurangnya pengetahuan menjadi penyebab utama dari terjadinya perdagangan manusia di Indonesia khususnya di Kabupaten Tulungagung. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perlindungan hukum terhadap korban perdagangan anak di Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana perlindungan sosial terhadap perdagangan anak di Kabupaten Tulungagung? Bagaimana analisis perlindungan hukum dan sosial terhadap korban perdagangan anak di Kabupaten Tulungagung menurut UU Nomor 23 Tahun 2002? Berdasarkan fokus penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian hukum empiris yaitu salah satu jenis penelitian hukum yang menganalisis dan mengkaji bekerjanya hukum di dalam masyarakat dan mendalam dengan cara kualitatif. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut: Perlindungan hukum terhadap koban perlindungan anak di Kabupaten Tulungagung dilakukan dengan tindakan pencegahan dan penanganan terhadap pelaku, yakni dengan pemberian sanksi terhadap pelaku. Pelaksanaa perlindungan sosial terhadap koban perlindungan anak di Kabupaten Tulungagung dilakukan melalui ULT PSAI dengan memberikan layanan rehabilitasi ekonomi, layanan rehabilitasi sosial, layanan kesehatan, layanan rehabilitasi psikologis, layanan rehabilitasi pendidikan, layanan rehabilitasi rumah aman (shelter), dan sosialisasi. Sedangkan, perlindungan diterapkan di Kabupaten Tulungagung dinilai sudah cukup relevan dengan aturan yang telah ditetapkan pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002. Namun, dalam perlindungan sosial, pihak ULT PSAI hanya memberikan perlndungan ketika kejadian, tetapi pasca kejadian korban tidak benar-benar mendapatkan pendampingan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Hukum > Perlindungan Hukum
Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102183159 BINTI AYYUL HUSNAINI
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:27
Last Modified: 10 Apr 2023 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33661

Actions (login required)

View Item View Item