Muji Triagung P., 2817123112 (2016) Muji Triagung P., 2817123112 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas III-B MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
skripsi full.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas III-B MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Muji Triagung Prasetyo, NIM. 2817123112, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Eny Setiyawati, S.Pd., M.M. Kata Kunci: kooperatif, examples non examples, IPA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPA di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung, guru masih menggunakan model pembelajaran yang cenderung bersifat informatif, sehingga komunikasi antara guru dan peserta didik belum optimal dan hasil belajar peserta didik terhadap pelajaran sains masih sangat rendah. Dominasi guru dalam proses pembelajaran ini menjadikan peserta didik bersikap pasif sehingga mereka lebih menunggu apa yang akan diberikan guru dari pada menemukan sendiri pengetahuan atau keterampilan yang mereka butuhkan. Guru kurang menggunakan model pembelajaran yang kreatif dalam pelajaran IPA. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model kooperatif tipe examples non examples. Penerapan model kooperatif tipe examples non examples dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman pikir kritis peserta didik dalam belajar IPA, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe examples non examples dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi sumber energi, kegunaan dan cara menghemat pada peserta didik kelas III-B MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model kooperatif tipe examples non examples pada mata pelajaran IPA materi sumber energi, kegunaan dan cara menghemat pada peserta didik kelas III-B MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung ? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi sumber energi, kegunaan dan cara menghemat pada peserta didik kelas III-B MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model kooperatif tipe examples non examples pada mata pelajaran IPA materi sumber energi, kegunaan dan cara menghemat pada peserta didik kelas III-B MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III-B MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi .Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 73. Peneliti mengadakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan 2 pokok pembahasan yaitu (1) Penerapan model kooperatif tipe examples non examples dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi sumber energi, kegunaan dan cara menghemat pada peserta didik kelas III-B MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung, kegiatan yang dilakukan (a) kegiatan awal, peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran agar peserta didik mengetahui mengapa mereka belajar dan apa yang akan dipelajari, sehingga peserta didik akan terarah, termotivasi, dan terpusat perhatiannya dalam belajar. (b) Pada kegiatan inti, peneliti menggunakan model kooperatif tipe examples non exampes sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara melakukan aktivitas, berpikir kritis dan terampil, serta dapat berinteraksi dengan antar peserta didik dan dapat bekerja sama dengan baik. (c) Pada kegiatan akhir siklus ini, peneliti mengarahkan dan membimbing peserta didik untuk menuliskan hasil catatannya sebagai kesimpulan akhir pembelajaran dan mendorong peserta didik agar lebih aktif dan bertahan lama dalam pemahaman materi. (2) Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model kooperatif tipe examples non examples pada mata pelajaran IPA materi sumber energi, kegunaan dan cara menghemat pada peserta didik kelas III-B MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung, dengan menggunakan siklus 1 dan 2 tahap-tahap tersebut telah dilaksanakan dan memberikan perbaikan yang positif dalam diri peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran IPA di kelas. Pada observasi siklus I hasil aktivitas peneliti menunjukkan skor 85,38%, sedangkan hasil aktivitas peserta didik mencapai 76,36% dan berada pada kategori baik. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang menunjukkan pada hasil aktivitas peneliti sebesar 87,69% dan pada hasil aktivitas peserta didik meningkat menjadi 84,54% dan hal ini berada pada kategori sangat baik. Pada tes awal (pre test) peserta didik dengan nilai rata-rata kelas adalah 69,56 dan presentase pencapaian hasil belajar kelas 30,43%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 71,82, dengan presentase pencapaian hasil belajar kelas 60,86%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas 85,68, dan presentase pencapaian hasil belajar kelas 86,36%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe examples non examples telah meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan siklus I presentase ketuntasan belajar sebesar 60,86% dengan rata-rata kelas 71,82, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 85,68, setelah dilakukan tindakan yang kemudian mencapai presentase ketuntasan belajar 86,36%. Dengan demikian membuktikan bahwa penerapan model kooperatif tipe examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber energi, kegunaan dan cara menghemat pada peserta didik kelas III-B MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123136 Rifqi Yustanto |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 04:46 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 04:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3374 |
Actions (login required)
View Item |