Mailiana, Alfi Saidah (2014) Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Komposisi Fungsi dan Invers pada Siswa Kelas XI IPA 3 MAN Rejotangan. [ Skripsi ]
|
Text
BAB I - III.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (725kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (620kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Analisis Kemampuan Representasi Matematis, Komposisi Fungsi, Invers Mengembangkan kemampuan representasi matematis sangat penting dalam mendukung dan membangun konsep matematika yang dipelajari siswa, sehingga siswa dapat mengkomunikasikan ide-idenya dan mengkoneksikan keterkaitan antar konsep matematika baik dalam permasalahan realistik maupun pemodelan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan representasi matematis siwa dalam menyelesaikan soal matematika materi komposisi fungsi dan invers di MAN Rejotangan. Adapun dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data tertulis yang berupa soal uraian dan data hasil wawancara dengan siswa. Tes yang digunakan mencakup materi komposisi fungsi dan invers. Dari data yang diperoleh, data dikelompokkan berdasarkan jenis representasinya kemudian dianalisis tiap jawaban. Analisi data dilakukan menggunakan analisis data kombinasi. Serta pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, trianggulasi, dan pemeriksaan sejawat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada kemampuan representasi visual, siswa masih rancu dalam merepresentasikan pemahaman mereka tentang fungsi �� � ����� dan �� � ����� dalam bentuk diagram panah. Sedangkan untuk fungsi invers siswa menggunakan langkah-langkah substitusi. Pada kemampuan representasi persamaan atau ekspresi matematika, siswa melakukan substitusi berdasarkan definisi komposisi fungsi serta untuk menentukan fungsi invers, siswa menggunakan pemisalan ���� = dan menggunakan rumus cepat fungsi bentuk pecahan yaitu –�� � ���� . Dan pada kemampuan representasi kata-kata atau teks tulis, siswa masih rancu dalam memahami domain, kodomain dan range dari suatu komposisi fungsi, untuk range pada fungsi invers siswa mampu memahami proses substitusi untuk menemukan rangenya, namun pada akhir kesimpulannya, sebagian siswa tidak mendaftar anggota range-nya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Dec 2014 08:07 |
Last Modified: | 04 Dec 2014 08:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/338 |
Actions (login required)
View Item |