Tasawuf Kebinekaan di Nusantara: Artikulasi Sufi Nusantara dalam Merespons Problem Keberagaman, Keberagamaan, dan social Kebangsaan.

Prof. Dr. H. Saymsun Niam, M.Ag., 197302142000031001 (2023) Tasawuf Kebinekaan di Nusantara: Artikulasi Sufi Nusantara dalam Merespons Problem Keberagaman, Keberagamaan, dan social Kebangsaan. Bildung, Yogyakarta. ISBN 978-623-8091-26-3

[img]
Preview
Text
Tasawuf Kebinekaan_e-book.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Buku ini sengaja dihadirkan sebagai upaya penulis untuk dapat berperan dalam memberikan kontribusi positif dalam pencarian solusi atas berbagai problem yang dihadapi oleh Indonesia saat ini, khususnya menyangkut problem keberagaman (kebhinnekaan), keberagamaan, dan sosial-kebangsaan yang selama ini sudah berjalan dengan baik. Namun dalam perkembangan mutakhir ada upaya dari sebagian/kelompok kecil elemen masyarakat yang mempersoalkan kembali pilar-pilar kebangsaan yang selama ini telah dibangun, dikembangkan, dan diimplementasikan secara baik oleh warga bangsa, menjadi tereduksi. Hadirnya buku ini, merupakan bagian dari ikhtiyar (upaya) untuk mengurai benang kusut dari problem-problem yang muncul dan implikasi yang ditimbulkan, dimungkinkan akan muncul pada saat berikutnya. Sembilan tokoh yang menjadi stressing dalam kajian buku ini--Hadratus Syekh Hasyim Asy'ari, Syekh Ihsan Jampes, KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi, KH. Abdul hamid Pasuruan, KH. Abdul Hamim Jazuli (Gus Miek), KH. Achmad Siddiq, KH. Abdurrahman Wahid, KH. Husaini Ilyas Mojokerto, dan KH. Muhammad Sholeh Bahruddin--sengaja ditampilkan juga dengan tujuan agar siapa pun dapat membaca kembali tentang proses sejarah panjang pembentukan negara bangsa (nation state) Indonesia ini —dengan cucuran air mata, tenaga, darah yang mengalir dari para pendiri bangsa (founding fathers), dan warga bangsa— hingga menjadi negara besar yang berdaulat, adil, dan makmur dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, yang berideologikan Pancasila dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dapat dihargai dan diapresiasi secara wajar oleh generasi berikutnya demi menatap masa depan yang lebih baik. Untuk itu, penulis ber-obsesi untuk melanjutkan penulisan buku ini pada kesempatan lain, sehingga pembahasannya lebih komprehensip.

Item Type: Book
Subjects: Agama > Tasawuf
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr.H.M. Ag 197302142000031001 SYAMSUN NI'AM
Date Deposited: 03 May 2023 03:21
Last Modified: 03 May 2023 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33887

Actions (login required)

View Item View Item