MIFTAHUL HUDA, 2817123102 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
01. Sampul Depan No.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I FIX.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II FIX.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III FIX.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV FIX.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V JADI.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Miftahul Huda, NIM. 2817123102, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Indivividualization (TAI), Hasil Belajar IPA. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPA di MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dalam proses pembelajaran diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran IPA, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran IPA pokok bahasan organ tubuh manusia pada peserta didik kelas V MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar? (2) Apakah setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA pokok bahasan organ tubuh manusia peserta didik kelas V MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran IPA pokok bahasan organ tubuh manusia peserta didik kelas V MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Organ Tubuh Manusian peserta didik kelas V di MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanan (planing), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar yang terdiri atas 14 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi.Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar IPA peserta didik kelas V MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPA, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 75. Dalam pelaksanaan penelitian ini, ditemukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) membuat peserta didik lebih aktifdan merasakan sensasi yang baru dalam belajar. hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar meningkat dari pre test yang hanya 58,03 dengan ketuntasan 31,03% menjadi 70,34 dengan ketuntasan belajar 58,62% pada siklus I. Hasil ini terus meningkat ketika dilaksanakn siklus II. Hilangnya rasa malu atau canggung antar peserta didik membuat mereka berani tampil presentasi dengan bahasa yang mereka rangkai sendiri. Dengan pengetahuan yang mereka konstruksikan sendiri inilah menjadi kunci keberhasilan mereka memahami materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningakatan dari siklus I ke siklus II, yaitu siklus I dengan nilai rata-rata 70,34 ketuntasan belajar 58,62% dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 85,79 dengan ketuntasan belajar 86,20%. Berdarsarkan hasil pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil IPA pokok bahasan organ tubuh manusia peserta didik kelas V MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123102 MIFTAHUL HUDA |
Date Deposited: | 04 Jan 2017 06:47 |
Last Modified: | 04 Jan 2017 06:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3392 |
Actions (login required)
View Item |