Prim Masrokan Mutohar dkk, 197206082002121001 (0012) MANAJEMEN PENDIDIKAN: Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran di Era New Normal. In: MANAJEMEN PENDIDIKAN:Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran di Era New Normal. Akademia Pustaka, Tulungagung, pp. 1-352. ISBN 978-623-6704-29-5
|
Text
Nopember 2020 Buku Manajemen Pendidikan_compressed.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perbaikan mutu pendidikan harus diiringi dengan penataan kelembagaan dengan manajemen yang efektif dan efisien. Kondisi ini akan terwujud apabila leader di lembaga pendidikan mempunyai kompetensi manajerial dan mampu melaksanakan peran dan fungsinya secara professional. Manajer yang professional akan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dalam situasi apapun yang terjadi di lembaga pendidikan, termasuk dalam situasi pandemic Covid-19 yang terjadi pada saat ini. Kondisi ini memberikan tantangan kepada setiap leader pendidikan agar mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya denga baik dan professional. Lembaga pendidikan harus tetap berjalan, peserta didik tidak boleh dibiarkan, pendidikan dan pembelajaran harus tetap dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan memperhatikan protokol kesehatan. Situasi dan kondisi ini merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh leader pendidikan agar mampu mengelola lembaganya dengan baik, sehingga bisa menjadi lembaga pendidikan yang maju dan kompetitif dalam situasi apapun sehingga dapat menciptakan lembaga pendidikan yang bermutu dan berkembang dengan baik dan bisa menghasilkan outout yang berkualitas. Pentingnya manajemen yang efektif dalam organisasi pendidikan semakin banyak mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak. Sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi akan lebih efektif dalam memberikan pendidikan yang baik pada siswa dan mahasiswanya, jika dapat dikelola dengan baik. Penelitian tentang efektivitas sekolah dan perbaikan sekolah di beberapa negara menunjukkan bahwa mutu pendidikan dan manajemen merupakan salah satu variabel terpenting untuk membedakan antara sekolah yang berhasil dan yang tidak berhasil. Sekolah yang bermutu dan diminati oleh banyak pelanggan pendidikan, pasti didalamnya terdapat manajemen yang baik dan kepemimpinan yang sukses. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan merupakan kunci keberhasilan sekolah, karena pemimpin mampu menggerakkan seluruh civitas akademik untuk bersama-sama mencapai tujuan organisasi. Kemampuan menggerakkan dan mengelola lembaga pendidikan menjadi sangat penting untuk diperhatikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Berbagai temuan penelitian dari praktek-praktek sekolah yang bermutu menunjukkan bahwa manajemen tidak bisa dianggap sebagai suatu aspek institusi pendidikan yang jumud dan tidak bisa diubah. Manajemen yang baik akan membuat sebuah perbedaan mutu sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi, serta kualitas proses pendidikan yang ada di dalamnya.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | Buku |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dr 197206082002121001 Prim Masrokan Mutohar |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 05:49 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 05:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34086 |
Actions (login required)
View Item |