ANALISIS PERSEPSI PEDAGANG DAN PENGUSAHA TERHADAP KEUNGGULAN PEMBIAYAAN BAI’ BI THSAMAN AJIL DI BMT PAHLAWAN PROGRAM KELOMPOK USAHA MUAMALAT (POKUSMA) NOTOREJO TULUNGAGUNG

LAILA ZUSMIATI, 2823123077 (2016) ANALISIS PERSEPSI PEDAGANG DAN PENGUSAHA TERHADAP KEUNGGULAN PEMBIAYAAN BAI’ BI THSAMAN AJIL DI BMT PAHLAWAN PROGRAM KELOMPOK USAHA MUAMALAT (POKUSMA) NOTOREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I REVISI 2 edit.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II edit.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III edit.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV edit.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V edit.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI edit.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN edit.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi “Persepsi pedagang dan pengusaha terhadap keunggulan pembiayaan BBA (Bai’ bitsaman ajil) di BMT Pahlawan cabang Notorejo” ini ditulis oleh Laila Zusmiati dibimbing oleh Bapak Jusuf Bachtiar S.S. M.Pd Skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman masyarakat tentang keunggulan pembiayaan BBA (Bai’ bitsaman Ajil) di BMT Pahlawan. BMT Pahlawan merupakan sebuah Lembaga Keuangan yang berbasis Islam yang sesuai dengan masyarakat yang beragama Islam. Namun hal itu menjadikan sebuah persepsi dan tanggapan yang berbeda-beda mengenai pembiayaan BBA dikalangan masyarakat. Dalam hal ini peneliti menjabarkan masalah persepsi pedagang dan pengusaha terhadap pembiayaan BBA(bsi’ bitsaman ajil) di BMT pahlawan cabang Notorejo. Rumusan masalah skripsi ini adalah Bagaimana persepsi pedagang kecil dipasar kamulan dan pengusaha genteng terhadap keunggulan pembiayaan (Bai’ bi tsaman ajil) di BMT pahlawan Pokusma Notorejo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pedagang kecil dipasar kamulan dan pengusaha genteng terhadap keunggulan pembiayaan (Bai’ bi tsaman ajil) di BMT pahlawan Pokusma Notorejo Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang persepsi pedagang dan pengusaha di desa Notorejo Dan Kamulan. yang digunakan sebagai permasalahan yang di teliti. Sedangkan, observasi dan dokumentasi di gunakan untuk meneliti perilaku manusia, proses kerja dan gejala alam bila. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 11 orang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Untuk teknik menganalisa yang digunakan peneliti adalah analisa induktif . Teknik induktif proses pemikiran dengan berdasarkan kata-kata atau fakta-fakta yang bersifat khusus untuk mengambil pengertian-pengertian atau kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian ini adalah bahwa masyarakat mempunyai persepsi dan pemikiran yang berbeda-beda. Ada yang berpendapat negatif dan positif berkaitan dengan keunggulan pembiayaan BBA.Untuk itu, faktor persepsi memang sangat berpengaruh bagi tingkah laku masyarakat di Desa Kamulan. Faktor psikologi ini dipengaruhi perilaku dari nasabah yang melakukan pembiayaan BBA, mereka menganggap bahwa banyak keunggulan dari pembiayan dalam faktor psikologi ini adanya keunggulan pembiayaan BBA yaitu mudah dan nyaman yang sudah sesuai syariah untuk melakukan pembiayaan BBA. Faktor keluarga mempengaruhi persepsi nasabah dipengaruhi oleh dorongan dari keluarga yang ditumbuhkan dengan sikap tolong menolong untuk melakukan pembiayaan BBA yang dianggap mereka mudah dan tidak sulit. Faktor kebudayaan mempengaruhi kebiasaan masyarakat sekitar yang menjadi industri genteng, sehingga mereka mengikuti adat atau kebiasaan lingkungan mereka untuk melakukan pembiayaan di lembaga keuangan demi kelancaran usahanya. Banyak dari mereka yang menjadi industri genteng karena adanya BMT Pahlawan yang memberikan bantuan modal yaitu pembiayaan BBA kepada masyakat dan juga pembiayaan BBA yang sudah sesuai syariah dan sesuai dengan adat kebiasaan masyarakat sekitar yang beragama islam. Faktor motivasi memperngaruhi persepsi nasabah yang akan melakukan pembiayaan di BMT Pahlawan termotivasi dari pelayanan di BMT yang ramah dan juga letak BMT yang strategis. Faktor kepribadian dalam hal ini masyarakat desa Kamulan melakukan pembiayaan BBA di BMT tersebut karena dipengaruhi oleh kepribadian pengalaman masa lalu para nasabah sebelum menjadi nasabah di BMT Pahlawan tersebut. Dan juga mudah serta flexibelnya dalam pembayaran angsuran yang sesuai dengan penghasilan mereka, jika nasabah terlambat tidak membayar untuk bulan ini dalam pembayaran bulan depan tidak dikenakan denda.Dan juga manfaat dari pembiayaan BBA yang membantu untuk melancarkan usaha mereka. Kata kunci : persepsi, keunggulan pembiayaan BBA.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S.E.Sy 2823123077 LAILA ZUSMIATI
Date Deposited: 01 Aug 2016 06:34
Last Modified: 01 Aug 2016 06:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3418

Actions (login required)

View Item View Item