PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV MIN PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG

RISTA FARIDA, 2817123143 (2016) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV MIN PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Rista Farida, NIM. 2817123143, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, pembimbing Drs. H. Jani, MM. M.Pd Kata Kunci: Metode Role Playing, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Negri Pucung Ngantru selama ini masih menggunakan metode pembelajaran yang ceramah dan tanya jawab dan guru kurang menggunakan metode yang bervariasi, di mana saat proses pembelajaran berlangsung gurulah yang cenderung aktif dan peserta didik hanya pasif, sehingga peserta didik kurang memahami materi. Akibatnya prestasi belajar prestasi kurang baik. Dengan berorientasi dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan metode role playing untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan keanekaragaman suku bangsa dan budaya pada peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung 2015/2016. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah penerapan metode Role Playing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam pokok bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya peserta didik kelas IV di MIN Pucung Ngantru Tulungagung Tahun ajaran 2015/2016? (2) Apakah penerapan metode role playing dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya peserta didik kelas IV di MIN Pucung Ngantru Tulungagung Tahun ajaran 2015/2016? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode Role Playing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam pokok bahasan Keragamana Suku Bangsa dan Budaya kelas VI di MIN Pucung Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetaahuan Sosial (IPS) pokok bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dengan menggunakan metode Role Playing pada peserta didik kelas VI di MIN Pucung Ngantru Tulungagung 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Yang menjadi subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung dengan jumlah 30 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan menyusun hipotesis kerja. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 75% dari peserta didik yang telah mencapai nilai minimum 76. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah penerapan metode role playing melalui kegiatan awal peneliti memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam, doa dan absensi, menyampaikan tujuan, memotivasi peserta didik serta apersepsi tentang materi yang akan di sampaikan. kegiatan inti peneliti menjelaskan materi dan menunjukkan beberapa gambar terkait materi, selanjutnya guru membagikan teks skenario, menjelaskan setiap karakter pemain dalam cerita dan peserta didik bermain peran. kemudian peneliti membagikan soal untuk mengukur pemahaman peserta didik tentang materi yang di pelajari. kegiatan penutup, peneliti membuat kesimpulan bersama dengan peserta didik dan merefleksi kegiatan pembelajaran kemudia mengakhiri pembelajaran dengan membaca hamdalah bersama dan mengucapkan salam. melalui susunan kegiatan tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan keanekaragaman suku bangsa dan budaya kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. 2) Langkah-langkah penerapan metode role playing dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Dengan bukti nilai peserta didik yang semakin membaik. Nilai rata-rata peserta didik pada post test siklus I yaitu 74,67 dengan persentase ketuntasan belajar 60% Kemudian nilai rata-rata peserta didik pada siklus II meningkat menjadi 85,33 dengan persentase ketuntasan belajar 86,67%. Data tersebut membuktikan, bahwa penerapan metode role playing pada mata pelajatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123143 RISTA FARIDA
Date Deposited: 01 Aug 2016 07:39
Last Modified: 01 Aug 2016 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3424

Actions (login required)

View Item View Item