Siti, Usriyah (2014) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Tanggung Kepanjen Kidul Kota Blitar Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
SITI USRIYAH 3217103082.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kata kunci : Metode Demonstrasi, Prestasi Belajar Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan salah satu disiplin ilmu yang berhubungan dengan cara mencari tau tentang alam secara sistimatis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan, kumpulan pengetahuan fakta-fakta, konsepkonsep, atau prinsip prinsip saja. Tapi pada kenyataanya sampai saat ini dalam pembelajaran IPA siswa hanya bisa menghafal konsep yang dipelajarinya, tetapi siswa kurang mampu untuk menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dimanfaatkan. Metode demonstrasi merupakan cara mengajar yang mana seorang guru memperlihatkan kepada seluruh siswa suatu benda asli, benda tiruan atau suatu proses. Dengan metode demonstrasi proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan lebih berkesan secara mendalam sehingga membentuk pengertian yang baik dan sempurna. Siswa juga dapat mengamati dan memperhatikan guru selama proses mengajar berlangsung dan bila siswa melakukan sendiri demonstrasi tersebut, maka ia dapat mengerti juga cara menggunakan alat atau perkakas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber energi dan penggunaannya pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa dengan penerapan metode demonstrasi pada pelajaran IPA pokok bahasan sumber energi dan penggunaannya pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar?. Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber energi dan penggunaannya pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar dan 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa dapat meningkat setelah diterapkannya metode demonstrasi pada pelajaran IPA pokok bahasan sumber energi dan penggunaannya pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis tindakan kelas. Adapun tekhnik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan wawancara. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Tanggung Kepanjen Kidul Kota Blitar. Sedangkan observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang pembelajaran IPA, respon siswa, keadaan siswa, guru dan karyawan, serta sejarah, sarana dan prasarana sekolah. xviii Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Terbukti dari nilai hasil tes yang menunjukan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar, mulai dari pre tes rata-ratanya sebesar 46,15 dengan ketuntasan belajar 15,38% dan pada siklus I sebesar 66,15 dengan ketuntasan belajar 61,53 %, dan pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 84,61 dengan ketuntasan belajar 84,62%. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan penerapan metode demonstrasi akhirnya dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Tanggung Kepanjen Kidul Kota Blitar terhadap materi sumber energi dan kegunaannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Dec 2014 08:30 |
Last Modified: | 04 Dec 2014 08:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/343 |
Actions (login required)
View Item |