NURUL BAITI ROHMAH, 199002272019032022 (2022) Presentasi Ilmiah. In: Memahami Bahasa Indonesia di Pendidikan Tinggi. Penerbit Adab, Indramayu Jawa Barat, pp. 185-212. ISBN 978-623-497-001-2
Text
03_Repo MEMAHAMI BAHASA INDONESIA DI PENDIDIKAN TINGGI Juli 2022.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dalam berbahasa, terdapat lima keterampilan yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa. Lima keterampilan berbahasa tersebut meliputi keterampilan membaca, menulis, berbicara, menyimak, dan mendengarkan. Keterampilan membaca merupakan salah satu bentuk keterampilan berbahasa yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia sebagai sarana berkomunikasi serta mendapatkan informasi guna mengembangkan pengetahuan yang dimiliki. Keterampilan menulis merupakan salah satu bentuk keterampilan berbahasa yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia untuk mengungkapkan ide, gagasan, pikiran, atau perasaan kepada orang lain yang dilakukan dengan menggunakan bahasa tulis. Keterampilan berbicara merupakan salah satu bentuk keterampilan berbahasa yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia untuk memproses segala penyampaian informasi, ide, gagasan, dan perasaan dari pembicara yang ditujukan kepada pendengar. Keterampilan menyimak merupakan salah satu bentuk keterampilan berbahasa yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia sebagai suatu proses kegiatan untuk mendengarkan segala bentuk bahasa lisan yang dilakukan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta pemaknaan guna mendapatkan informasi, isi, pesan, serta makna yang diberikan pembicara kepada pendengarnya. Keterampilan mendengarkan merupakan bentuk keterampilan berbahasa yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia sebagai suatu proses pemahaman untuk mendapatkan segala informasi dan memahami segala bentuk apapun yang disampaikan oleh pembicara dengan baik. Lima keterampilan berbahasa tersebut memiliki hubungan yang berkaitan antara satu keterampilan berbahasa dengan keterampilan berbahasa yang lain. Melalui hubungan yang berkaitan itulah, maka lima keterampilan berbahasa tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua kategori, yakni keterampilan berbahasa yang produktif dan keterampilan berbahasa yang reseptif. Dikatakan produktif karena bahasa bersifat mengeluarkan atau menghasilkan, dan yang dihasilkan oleh bahasa adalah lisan serta tulisan, sehingga melalui bahasa yang produktif ini menghasilkan bahasa tulis dan bahasa lisan. Dalam kaitannya dalam lima keterampilan bahasa, maka keterampilan berbicara dan menulis masuk dalam kategori keterampilan bahasa yang produktif. Sebaliknya, bahasa dikatakan reseptif karena bahasa memiliki sifat untuk menerima atau melakukan penyerapan dengan memaknai berbagai simbol-simbol bahasa dan lambang bunyi bahasa. Jika dikaitkan dengan lima keterampilan berbahasa, maka keterampilan menyimak, mendengarkan, dan membaca dapat dikelompokkan dalam kategori keterampilan bahasa yang reseptif.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | Buku Sejarah Peradaban Islam |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | 199002272019032022 Nurul Baiti Rohmah, M.Hum |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 02:52 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 02:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34355 |
Actions (login required)
View Item |