Moderasi Beragama Berbasis Ma'had Al-Jami'ah: Studi Kasus Ma'had Al-Jami'ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan IAIN Ponorogo

Ngainun Naim, 197507192003121002 and Abad Badruzaman, 197308042000121002 and IZZATUL AMALINA, 17201163366 (2022) Moderasi Beragama Berbasis Ma'had Al-Jami'ah: Studi Kasus Ma'had Al-Jami'ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan IAIN Ponorogo. LP2M, Tulungagung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
2022. Laporan Penelitian.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Laporan penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kebijakan moderasi beragama berbasis Ma’had Al-Jami’ah di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan IAIN Ponorogo. Topik ini menarik karena moderasi beragama menjadi kebijakan pemerintah yang harus diimplementasikan oleh institusi pemerintah, termasuk perguruan tinggi keagamaan Islam. Persoalannya adalah tidak ada petunjuk teknis-operasional yang seragam secara nasional untuk implementasi sehingga setiap perguruan tinggi memiliki interpretasi untuk membuat kebijakan penguatan moderasi beragama sesuai dengan konteks dan pertimbangan masing-masing. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik penggalian data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model Miles & Huberman yang membagi tahapan analisis data menjadi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa UIN Sayyid Ali Rahmatullah membuat kebijakan menarik dalam kaitannya dengan moderasi beragama berupa kebijakan pembelajaran madrasah diniyah dan ma’had al-jami’ah. Madrasah diniyah dan ma’had al-jami’ah didesain bukan sebatas sebagai kegiatan memberikan ilmu pengetahuan agama kepada mahasiswa tetapi juga sebagai strategi internalisasi moderasi beragama kepada mahasiswa.

Item Type: Other
Subjects: Penelitian Dosen
Divisions: LP2M
Depositing User: Dr Ngainun Naim
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:19
Last Modified: 18 Apr 2023 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34370

Actions (login required)

View Item View Item