Upaya Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa di MAN 2 Tulungagung

Musyarofah, Siti (2014) Upaya Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa di MAN 2 Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.doc

Download (38kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Upaya Guru Fiqih, Kesadaran Beribadah Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa adanya mata pelajaran Fiqih diharapkan siswa tidak keluar dari norma-norma agama dan mampu menjalankan aturan syariat Islam di dalam kehidupan seharihari. Implementasi pembelajaran Fiqih amatlah diperlukan karena dapat membangkitkan perasaan dan emosi siswa dalam memahami, menghayati serta meyakini kebenaran ajaran agamanya. Siswa juga diberikan kesempatan mempergunakan akalnya dalam memahami dan menerima ajaran agamanya. Disamping itu, siswa perlu dibiasakan mengamalkan ajaran agamanya serta dapat menekankan kemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain kegiatan pembelajaran, guru juga perlu memperhatikan motivasi. Keberhasilan sebuah kegiatan pembelajaran sangat tergantung pada faktor motivasi. Motivasi merupakan daya yang mendorong seseorang untuk melakukan aktifitas. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan guru fiqih dalam upaya meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MAN 2 Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan guru fiqih dalam upaya meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MAN 2 Tulungagung? 3) Bagaimana kendala dan solusi guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MAN 2 Tulungagung? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitiannya adalah 1) Perencanaan guru fiqih dalam upaya meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MAN 2 Tulungagung yaitu dengan di sediakannya kartu sholat bagi tiap-tiap, adanya jadwal mengaji sebelum di adakan kegiatan belajar mengajar dan juga jadwal sholat duha bagi kelas global dan guru membagi siswa dalam 4 kelompok, masing-masing ketua kelompok setiap malam mengirimkan sms kepada teman-temannya yang lain untuk mengingatkan shalat tahajut selanjutnya belajar. 2) Pelaksanaan guru fiqih dalam upaya meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MAN 2 Tulungagung adalah a) mengembangkan wawasan pemahaman siswa tentang ibadah melalui kegiatan keagamaan, dan pengarahan ataupun nasihat demi suksesnya peningkatan kesadaran beribadah pada siswa. b) Mengingatkan para siswa untuk mengikuti shalat, terutama shalat dhuhur berjamaah yang memungkinkan untuk dilaksanakan di sekolah melalui pengadaan kartu shalat. c) Kegiatan membaca Al-Qur’an setiap pagi sebelum pelajaran dimulai dan pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah belajar untuk meningkatkan ketaatan ibadah siswa. Pembiasaan pembiasaan praktik keagamaan tersebut mampu meningkatkan siswa kesadaran beribadah pada siswa baik di xiii sekolah maupun di luar sekolah, dan d) Bulan ramadhan diwajibkan zakat fitrah dan hari raya idul adha diadakan kurban yang disaksikan dan dilakukan oleh siswa dalam proses penyembelihan hewan kurban. 3) Kendala guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MAN 2 Tulungagung adalah guru fiqih dalam upaya meningkatkan kesadaran beribadah siswa adalah karena latar belakang tiap-tiap siswa yang berbeda-beda, latar belakang setiap siswa sangat mempengaruhi kesadaran beribadah siswa, karena latar belakang orang tua yang beragama maka anak akan memiliki kesadaran beribadah yang tinggi. Sedangkan solusi guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MAN 2 Tulungagung yaitu dengan memberikan nasehat-nasehat arahan-arahan tentang pentingnya menjalankan sholat dan juga memberikan wawasan secara mendalam tentang akibat dari meninggalkan sholat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2014 08:34
Last Modified: 04 Dec 2014 08:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item