Teaching and Learning Paradigm in History; A Case Study at State islamic Institute of Tulungagung

ST. Noer Farida Laila, 197201151999032002 (2019) Teaching and Learning Paradigm in History; A Case Study at State islamic Institute of Tulungagung. IAIN Tulungagung Press, Tulungagung. ISBN 978-602-5618-68-0

[img]
Preview
Text
Teaching and Learning Paradigm in History; A Case Study at State Islamic Institute of Tulungagung (1).pdf

Download (950kB) | Preview

Abstract

Adalah fakta bahwa pengetahuan sejarah yang diajarkan di lembaga pendidikan terdiri dari sejarah sebagai interpretasi dalam bentuk narasi sejarah. Pembelajaran ilmu sejarah ini telah lama diletakkan sebagai bagian dari ilmu sosial yang menempatkan sejarah sebagai sumber data untuk memecahkan masalah-masalah sosial terkini. Begitu pula dengan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Studi kasus pembelajaran sejarah menunjukkan bahwa ia tetap didominasi oleh penyampaian narasi sejarah. Sejarah dikonseptualisasikan oleh dosen sebagai pengetahuan tentang masa lampau. Sejarah lebih dipahami dari segi isi pengetahuan substantif daripada sisi kapasitasnya sebagai suatu disiplin ilmu. Hal ini sangat berpengaruh pada pendekatan pengajaran yang didominasi oleh pendekatan cerita terbaik, dan pada model pengajaran dimana dosen cenderung menjadi story teller dan eklektik.

Item Type: Book
Subjects: Artikel Dosen
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 197201151999032002 Dr. Siti Noer Farida Laila, MA
Date Deposited: 18 Apr 2023 08:35
Last Modified: 18 Apr 2023 08:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34417

Actions (login required)

View Item View Item