Manajemen Kelas Dalam Optimalisasi Self Regulated Learning Pada Masa Pandemi

Evy Ramadina, 199303052020122017 (2021) Manajemen Kelas Dalam Optimalisasi Self Regulated Learning Pada Masa Pandemi. In: Dinamika Merdeka Belajar dan Merdeka Olahraga pada Masa Pandemi Covid-19. Akademia Pustaka, Tulungagung, pp. 59-64. ISBN ISBN 978-623-6704-77-6

[img]
Preview
Text
eBook Dinamika Merdeka Belajar - L.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada awal kepemimpinannya, menteri pendidikan dan kebudayakan meluncurkan kebijakan merdeka belajar. Pendidikan yang berorientasi pada murid. Murid berpartisipasi aktif dalam setiap diskusi, saling mendengar pendapat orang lain, mengevaluasi diri terhadap perubahan lingkungan sekitar. Kebijakan tersebut sejalan dengan apa yang menjadi cita-cita Ki Hadjar Dewantara yakni dalam pendidikan mempertimbangkan keseimbangan cipta, rasa dan karsa tidak hanya sebagai proses transfer ilmu pengetahuan namun sekaligus proses transformasi nilai. Merdeka belajar adalah terjemahan dari self regulated learning, sebuah teori yang menjelaskan proses belajar yang dikemukakan oleh pelajar itu sendiri. Belajar karena sadar tujuan, bukan karena terpaksa. Belajar dengan cara yang efektif, bukan cara yang didektekan. Belajar dengan melakukan penilaian terhadap proses dan hasil belajar oleh diri sendiri maupun orang lain. Belajar tidak terbatas pada persiapan ujian, menghafal konten, dan mengejar nilai sempurna. Belajar untuk mencapai kompetensi yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Book Section
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 199303052020122017 Evy Ramadina
Date Deposited: 18 Apr 2023 08:35
Last Modified: 18 Apr 2023 08:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34451

Actions (login required)

View Item View Item