MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM: Telaah Teoritis, Filosofis, Praktis dan Implementatif

Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag., 197512112002122001 (2022) MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM: Telaah Teoritis, Filosofis, Praktis dan Implementatif. Book Reference, I (1). Penerbit Garudhawaca, Yogyakarta. ISBN 978-623-422-025-4

[img]
Preview
Text
Buku Manajemen Kurikulum.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=8Vt-...

Abstract

Karya ini berjudul ”Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam: Telaah Teoritis, Filosofis, Praktis dan Implementatif” yang merupakan buku acuan dalam mempelajari dan mendalami tentang kurikulum pendidikan Islam serta aspek pengembangannya bahkan pengelolaannya. Kurikulum merupakan hal yang urgen dalam pendidikan Islam. Sedemikian urgennya dapat dikemukakan bahwa ”walaupun sudah ada pendidik, namun jika kurikulumnya tidak ada atau tidak berkembang, maka proses pendidikan Islam tidak dapat berlangsung dengan efektif dan efisien”. Kurikulum yang merupakan inti dari proses pendidikan dimana pendidikan mampu melaksanakan proses pembelajaran jika terdapat kurikulum tersebut, maka eksistensi kurikulum tidak dapat dipandang sebelah mata. Di samping itu, pengembangannya dan pengelolaannya juga dipandang urgen karena materi kurikulum yang diberikan pada era sekarang ini akan menjadi bekal dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan. Kalau Kita sekilas mengingat masa lalu tentu saja bisa dengan melakukan re-call untuk memanggil kembali ingataningatan Kita, maka akan teringat proses pembelajaran dan materi pembelajaran yang diberikan kepada Kita, yang secara tidak sadar akan membentuk paradigma berpikir Kita, akan membentuk kedewasaan Kita dalam menyikapi permasalahan yang sedang berlangsung. Maka disitulah peran kurikulum dalam proses pendidikan yang dialami oleh seseorang. Orang yang setiap hari melahap materi eksakta akan berbeda dengan orang yang setiap hari melahap materi-materi agama Islam yang modelnya doktrinal-rasional. Sehingga tidak dapat dipungkiri kalau pengembangan kurikulum, pengelolaan dan juga pengendalian kurikulum wajib dilakukan dengan baik supaya ke depannya memberikan output yang lebih baik dan lebih mempunyai pemikiran yang komprehensif daripada penulis sendiri. Buku ini merupakan buku yang mencoba menguraikan dengan bahasa yang sederhana dan lugas mengenai kurikulum, pengembangannya, pengelolaannya serta implementasi praktisnya di lembaga pendidikan Islam.

Item Type: Book
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dr., M.Ag 197512112002122001 CHUSNUL CHOTIMAH
Date Deposited: 02 May 2023 07:35
Last Modified: 02 May 2023 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34529

Actions (login required)

View Item View Item