PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM PIKATAN II WONODADI BLITAR

M. HAFIDH SYA’ROWI, 3217103050 (2016) PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM PIKATAN II WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. SAMPUL.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 1-13.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB II 14-62.pdf

Download (439kB)
[img]
Preview
Text
BAB III 63-84.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV 85-131.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V 132-134.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh M. Hafidh Sya’rowi dibimbing oleh Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci : Metode Inquiry, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta bahwa peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik cenderung pasif sebagai pendengar setia dari ceramah guru dan peserta didik terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru dan pembelajaran didominasi oleh guru, sehingga hasil belajar IPA peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II relatif kurang memuaskan. Oleh karena itu, untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan metode inquiry dalam pembelajaran IPA. Diharapkan dengan penerapan metode inquiry tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan berfikir kritis dapat ditingkatkan melalui penerapan metode inquiry pada mata pelajaran IPA materi gaya magnet peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran IPA materi gaya magnet melalui penerapan metode inquiry peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan kemampuan berfikir kritis mata pelajaran IPA materi gaya magnet peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA materi gaya magnet peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral dari Kemmis dan Taggart dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan kegiatan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik, hasil tes kemampuan berfikir kritis menunjukkan prosentase ketuntasan 21% pada tahap pra tindakan menjadi 58,33% pada siklus I dan meningkat menjadi 79,16% pada siklus II. Hasil belajar peserta didik meningkat yaitu pada tes awal nilai rata- rata peserta didik 60,83 dengan prosentase ketuntasan 37,50%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 77,91 dengan prosentase ketuntasan 66,66% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 83,58 dengan prosentase ketuntasan 87,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiry dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 3217103050 M. HAFIDH SYA’ROWI
Date Deposited: 29 Dec 2016 04:02
Last Modified: 29 Dec 2016 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3453

Actions (login required)

View Item View Item