Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Telaah Teoritis dan Praktis

Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag., 197512112002122001 (2022) Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Telaah Teoritis dan Praktis. Penerbit Garudhawaca, Yogyakarta. ISBN 978 623 422 021 6

[img]
Preview
Text
Buku Pemgembangan Kurikulum.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://www.google.co.id/books/edition/Pengembanga...

Abstract

Buku dengan judul "Pengembangan Kurikulum Pendidikan ISlam: Telaah Teoritis dan Filosofis" merupakan buku acuan dalam mempelajari dan memahami tentang kurikulum pendidikan ISlam serta aspek pengembangannya bahkan pengelolaannya/ Kurikulum merupakan hal yang urgen dalam pendidikan Islam. Sedemikian urgennya dapat dikemukakan bahwa "walaupun sudah ada pendidik, namun jika kurikulumnya tidak ada atau tidak berkembang, maka pendidikan Islam tidak dapat berlangsung dengan efektif dan efisien. Kurikulum yang merupakan inti dari proses pendidikan dimana pendidikan mampu melaksanakan proses pembelajaran jika terdapat kurikulum tersebut, maka eksistensu kurikulum tidak dapat dipandang sebelah mata. Disamping itu pengebangan dan pengelolaannya juga dipandang urgen karena materi kurikulum yang diberikan pada era sekarang ini akan menjadi bekal dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan. Kalau kita sekilas mengingat masa lalu tentu saja bisa dengan melakukan re-call untuk memanggil kembali ingatan-ingatan kita, maka akan teringat proses pembelajaran dan materi pembelajaran kepada kita, yang secara tidak sadar akan membentuk paradigma berpikir kita, membentuk kedewasaan kita dalam menyikapi permasalahan yang sedang berlangsung. Maka disinilah peran kurikulum dalam proses pendidikan yang dialami oleh seseorang. Orang yang setiap hari melahap ilmu-ilmu eksakta tentunya berbeda dengan yang setiap hari melahap materi-materi agama Islam yang model doktrinal=rasional. Sehingga tidak dapat dipungkiri kalau pengembagan kurikulum wajib dilakukan dengan baik, agar ke depannya memberikan output yang lebih baik dan lebih komprehensif. Buku ini hadir membahas terkait tentang Konsep Pengembangan Kurikulum dan Tantangan Dunia, Problematika dan Kritik terhadap Kurikulum Pendidikan Islam, Paradigma Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Landasan dan Pendekatan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam, Hubungan filsafat, Teori Belajar, dan Model Kurikulum, hingga Model-MOdel Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. UNtuk itu, buku ini layak dan bisa dijadikan referensi di dunia akademik terkait pengembangan kurikulum.

Item Type: Book
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dr., M.Ag 197512112002122001 CHUSNUL CHOTIMAH
Date Deposited: 02 May 2023 07:35
Last Modified: 02 May 2023 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34531

Actions (login required)

View Item View Item