Analisis Kreativitas Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Lingkaran di MTsN Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014

Defit, Mayana (2014) Analisis Kreativitas Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Lingkaran di MTsN Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
DEFIT MAYANA (3214103005) TMT A.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Analisis, Kreativitas, Lingkaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar matematika masih banyak guru yang menekankan pemahaman tanpa memperhatikan kreativitas siswa. Hal ini dilihat saat siswa mengerjakan soal, hanya berpatokan pada contoh yang diberikan guru. Kebanyakan siswa tidak mempunyai cara yang berbeda dari yang sudah diajarkan oleh guru, akibatnya kreativitas siswa tidak berkembang. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika kelas VIII MTsN Tulungagung, menunjukkan bahwa masih perlu meningkatkan aspek-aspek lain selain hasil belajar siswa, salah satunya adalah kreativitas. Hal ini karena dalam pembelajaran matematika kreativitas sangat penting untuk menyelesaikan soal-soal matematika, khususnya pada materi lingkaran. Dari informasi tersebut peneliti mengadakan penelitian untuk menganalisis kreativitas siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika pada materi lingkaran di MTsN Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kreativitas siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika pada materi lingkaran di MTsN Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? (2) Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kreativitas siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika pada materi lingkaran di MTsN Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kreativitas siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika pada materi lingkaran di MTsN Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014 (2) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kreativitas siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika pada materi lingkaran di MTsN Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan guru matematika MTsN Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Skripsi ini bermanfaat bagi peneliti untuk menambah pengetahuan yang berkaitan dengan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi lingkaran. Bagi sekolah dan guru sebagai bahan masukan untuk menerapkan strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi lingkaran. Bagi siswa untuk meningkatkan kreativitas dalam menyelesaikan soal matematika pada materi lingkaran. Bagi pembaca sebagai bahan referensi dan kajian untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi lingkaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran tergolong baik. Siswa cenderung pada tingkat kreatif yaitu sebanyak 64,52%. Pada komponen kefasihan, siswa mampu menghasilkan banyak ide, solusi dan jawaban serta kelancaran dalam menyelesaikan soal. Pada komponen fleksibilitas, siswa mampu menggunakan bermacam-macam pendekatan atau cara yang berbeda dalam menyelesaikan soal. Pada komponen kebaruan, siswa mampu menyelesaikan soal dengan cara yang berbeda dan unik. Secara keseluruhan siswa yang termasuk sangat kreatif sebanyak 3 siswa (9,68%), kreatif sebanyak 20 siswa (64,52%), cukup kreatif sebanyak 4 siswa (12,9%) dan tidak kreatif sebanyak 4 siswa (12,9%). (2) Faktor yang mendukung kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran adalah adanya kebebasan yang diberikan oleh guru kepada siswa menggunakan langkah-langkah sendiri dalam menyelesaikan soal, sedangkan faktor yang menghambat adalah siswa tidak terbiasa menyelesaikan soal dengan lebih dari satu penyelesaian (divergen).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2014 08:44
Last Modified: 04 Dec 2014 08:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item View Item