Nur Isroatul Khusna, - and Dwi Astuti Wahyu Nurhayati, 197602222009012003 and Jani, 196602101985031001 and Binti Maunah, 196509031998032001 and LINDA MAYASARI, 12209173098 (2022) The Roles of Educators (Didactic, Reflective, Affective Roles) to Enhance Motivation to Learn Social Science During the Covid-19 Pandemic at Islamic Secondary Schools (MTs) in Tulungagung-Indonesia. International Seminar of Social Studies (ISoSS, 1 (2). pp. 61-72. ISSN 1st International Seminar of Social Studies (ISoSS)
|
Text
Nur+Isroatul+Khusna-ISoSS+2021+(61-72).pdf Download (286kB) | Preview |
Abstract
Selama masa pandemi COVID-19, aktivitas belajar siswa yang menyangkut minat belajar berangsur-angsur menurun. Oleh karena itu, diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan motivasi siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan peran pendidik (peran didaktis, reflektif, afektif) dan mengetahui faktor penghambat yang dihadapi pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar IPS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini termasuk sumber primer yang diwawancarai. Sedangkan sumber sekunder adalah dokumen-dokumen yang diperoleh di lokasi penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik menggunakan sumber belajar seperti buku teks dan lembar kerja. Teknik penyampaian materi adalah meringkas materi dalam bentuk Word/PDF atau menjelaskan materi melalui voice note. Media pembelajaran yang digunakan pendidik adalah gambar, WhatsApp, E-learning, dan Google Forms. Pendidik menerapkan pendekatan pembelajaran saintifik dalam menerapkan peran reflektif. Model pembelajaran yang diadopsi oleh pendidik adalah discovery learning dan problem-based learning. Selain itu, pendidik melakukan evaluasi pada awal atau akhir pembelajaran untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Para pendidik memberikan contoh yang baik dan nasihat yang berkelanjutan dalam menerapkan peran afektif. Faktor penghambat yang dihadapi pendidik antara lain kurangnya minat belajar, kesulitan memahami materi dan kendala keuangan, serta fasilitas sekolah yang kurang memadai.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Artikel Dosen |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | Dr 197602222009012003 Dwi Astuti Wahyu Nurhayati |
Date Deposited: | 28 Apr 2023 23:19 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 23:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34751 |
Actions (login required)
View Item |