PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI III JEPUN TULUNGAGUNG

RITA YULISTIANI, 2817123144 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI III JEPUN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
CD SKRIPSI RITA YULISTIANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik Kelas II SD Negeri III Jepun Tulungagung Tahun Ajaran 2015-2016” ditulis oleh Rita Yulistiani, NIM: 2817123144, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Make a Match Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), salah satunya adalah kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi-materi yang diajarkan oleh guru. Kondisi tersebut disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya yaitu: 1). Cara mengajar guru yang masih menggunakan metode yang bersifat tradisional 2). Pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik terlihat pasif dan kurang tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik 3). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terlalu banyak materi. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi kedudukan dan peran anggota keluarga. Pembelajaran dengan menggunakan metode make a match ini diharapkan dapat menjadikan kegiatan belajar mengajar yang lebih menarik sehingga hasil belajarnya akan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan metode pembelajaran make a match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi kedudukan dan peran anggota keluarga pada peserta didik kelas II SD Negeri III Jepun Tulungagung? (2) bagaimana penerapan metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi kedudukan dan peran anggota keluarga pada peserta didik kelas II SD Negeri III Jepun Tulungagung ? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan penerapan metode pembelajaran make a match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi kedudukan dan peran anggota keluarga pada peserta didik kelas II SD Negeri III Jepun Tulungagung (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi kedudukan dan peran anggota keluarga pada peserta didik kelas II SD Negeri III Jepun Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) metode kemmis dan mc taggart, sehingga di butuhkan kegiatan awal (pre test) dan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran yang diteliti adalah siswa kelas II SDN III Jepun, Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses belajar mengajar, respon siswa, dan suasana kelas. Dengan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode make a match dapat meningkatkan kegiatan pembalajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik dari pelaksanaan pre test,siklus I dan siklus II yaitu sebelum diberi tindakan diperoleh nilai ketuntasan pre test peserta didik dengan taraf keberhasilan 50%. Setelah dilakukan metode make a match pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 25%, nilai ketuntasan siklus I menjadi 75% dengan jumlah ketuntasan peserta didik 9 dan yang tidak tuntas 3. Metode dilakukan perbaikan pada siklus II, dan hasilnya menunjukkan peningkatan pada nilai ketuntasan sebesar 25% menjadi nilai ketuntasan siklus II sebesar 100% sehingga dengan jumlah ketuntasan peserta sepenuhnya tuntas. Sehingga peningkatan awal mula pre test sampai pada penerapan metode make a match di siklus II sebesar 50%, dari nilai awal pre test 50% menjadi 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik kelas II SD Negeri III Jepun Tulungagung ABSTRACT Thesis with the title "Application of Learning Method Make A Match to Improve Learning Outcomes of Social Sciences of Students Class II State Elementary School III Jepun Tulungagung School Year 2015-2016" written by Rita Yulistiani, NIM: 2817123144, Department of Islamic Elementary Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Science Teaching, the State Islamic Institute (IAIN) Tulungagung, supervisor by Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd. Keywords: Learning Method Make a Match, Learning Outcomes, Social Science, This research is motivated by the obstacles encountered in the learning process of Social Sciences, one of which is a lack of understanding of learners towards the materials being taught by the teacher. The condition is caused by many things, among them are: 1). How to teach the teachers who are still using the traditional method 2). At the time of the learning takes place learners look passive and less interested in learning delivered by educators 3). Learning Social Studies too much material. Therefore, researchers used a method of learning make a match to improve the learning outcomes of students in the material position and the role of family members. Learning to make a match using the method is expected to make teaching and learning more interesting so that the results of their study will increase. The problems of this study are (1) how the application of learning methods make a match on the subjects of Social Sciences material position and the role of family members in the learners' class II State Elementary School III Jepun Tulungagung? (2) how the application of learning methods make a match can improve learning outcomes subjects of Social Science material position and the role of family members in the learners' class II State Elementary School III Jepun Tulungagung? The objectives of this study were (1) to clarify the application of learning methods make a match on the subjects of Social Sciences material position and the role of family members in the learners' class II State Elementary School III Jepun Tulungagung (2) To determine the learning outcome eye lessons Social Science material position and the role of family members in the learners' class II State Elementary School III Jepun Tulungagung. This study uses a Class Action Research methods Kemmis and mc Taggart, so in need of start-up activities (pre-test) and use two cycles, each cycle consisting of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. Target studied was grade II State Elementary School III Jepun Tulungagung. Techniques used to collect data among other tests, observations, interviews, field notes, and documentation. The test aims to determine learning outcomes, while the method of observation, interviews and field notes were used to collect data about teaching and learning, student responses, and the classroom atmosphere. With this research shows that the application of the method make a match can improve the learning activities of Social Sciences. It can be seen from the increasing value of student learning outcomes. This is evidenced by the study of students from the implementation of the pre test, the first cycle and the second cycle is before the values obtained by the action of completeness pre test learners with a level of success of 50%. After methods make a match in the first cycle increased by 25%, the value of the thoroughness of the first cycle to 75% with the number 9 and the completeness of students who did not complete 3. The method carried out repairs on the second cycle, and the results showed an increase in the value of completeness by 25 % to the value of the thoroughness of the second cycle of 100%, so that the number of participants completeness fully completed. So an increase in the beginning of the pre-test to the application of the method make a match in the second cycle by 50%, from the initial pre-test value of 50% to 100%. It can be concluded that the application of make a match of learning methods to improve learning outcomes for Social Sciences students second grade State Elementary School III Jepun Tulungagung. الملخص أَطْرُوْحَةُ تَحْتَ عُنْوَانِ "تَطْبِيْقِ أُسْلُوْبِ التَّعَلُّمِ تَقْدِيْمِ الْمَبَارَاةِ لِتَحْسِيْنِ مَخْرُجَاتِ التَّعَلُّمِ الْعُلُوْمِ اْلاِجْتِمَاعِيَةِ لِطُّلاَبِ الصَّفِ الثَانِيْ الْمَدْرَسَةُ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةُ 03 جِيْفُونْ تُوْلُونْج اَجُونجْ اَلْعَامُ الدِّرَاسِيِّ 2015-2016" اَلَّتِيْ كَتَبَتْهاَ رِيْتَا يُوْليسْتِيَانِيْ رَقْمُ الدَّفْتَرُ القَيِّدْ 2817123144، قِسْمُ تَعْلِيْمِ الْمُعَلِّمِ الْمَدْرَسَةُ الاِبْتِدَائِيَةِ كُلِيَةُ التَرْبِيَةِ وَعِلْمُ التَعْلِمِيَةِ. الجَامِعَةُ الإِسْلاَمِيَةِ الحُكُوْمِيَةِ تُوْلُوْنج اَجُوْنج، اَلْمُشْرِيْفُ اَلدُّكْتُورْ اَجُوسْ فُورْوَاوِيْدَوْدُوْ، الْمَاجِسْتِيرْ. الْكَلِمَاتُ الرَّئِيْسِيَةِ: أُسْلُوْبُ التَّعَلُّمِ تَقْدِيْمِ الْمَبَارَاةِ، مَخْرُجَاتِ التَّعَلُّمِ، الْعُلُوْمِ اْلاِجْتِمَاعِيَةِ، وَالدَّافِعُ وَرَاءَ هَذَا الْبَحْثِ مِنْ قِبَلِ الْعَقِبَاتِ الَّتِيْ وِاجْهَتُهَا فِيْ عَمَلِيَةُ التَّعَلُّمِ لِلْعُلُوْمِ اِلاِجْتِمَاعِيَةِ، وَاحِدَةُ مِنْهَا هُوَ عَدَمُ فَهْمِ الْمُتَعَلِّمِيْنَ نَحْوَ الْمَوَادِ الَّتِيْ يَتِمُّ تَدْرِيْسُهَا مِنْ قِبَلِ الْمُعَلِّمِ. وَسَبَبُ هَذِهِ الْحَالَةِ أَشْيَاءُ كَثِيْرَةٌ، مِنْ بَيْنِهَا مَا يَلِيْ: 1). كَيْفِيَةُ تَدْرِيْسِ الْمُعَلِّمِيْنَ الَّذِيْنَ لاَ تَزَالُ تَسْتَخْدِمُ الطَّرِيْقَةِ التَّقْلِيْدِيَةِ 2). وَفِيْ وَقْتِ التَّعَلُّمِ يَأْخُذُ اَلْمُتَعَلِّمِيْنَ مَكَانَ تَبْدُوْ السَّلْبِيِّ وَأَقَلُّ اِهْتِمَامًا فِي التَّعَلُّمِ تَسْلِيْمُهَا مِنْ قِبَلِ الْمُعَلِّمِيْنَ 3). تَعَلَّمُ الدِّرَاسَاتُ اْلاِجْتِمَاعِيَةُ الْكَثِيْرُ مِنَ الْمَوَادِ. وَلِذَلِكَ، اِسْتَخْدَمَةِ الْبَاحِثَةُ أُسْلُوْبَ التَّعَلُّمِ تَجْعَلُ مَبَارَاةِ لِتَحْسِيْنِ النَّتَائِجِ التَّعْلِيْمِيَةِ لِلطَّالِبِ فِيْ مَوْقِفِ الْمَادِيِّ وَدَوْرُ أَفْرَادِ اْلأُسْرَةِ. تَعَلَّمُ لَجَعَلَ مَبَارَاةُ بِاسْتِخْدَامِ طَرِيْقَةِ التَّعَلُّمِ تَقْدِيْمِ الْمَبَارَاةِ (Make a Match) وَمِنَ الْمُتَوَقِعِ أَنْ التَّعْلِيْمَ وَالتَّعَلُّمِ أَكْثَرُ إِثَارَةِ لِلْاِهْتِمَامِ ذَلِكَ أَنَّ نَتَائِجَ دِرَاسَتِهِمْ سَتَزِيْدَ. مَشَاكِلُ هَذِهِ الدِّرَاسَةِ هِيَ: (1) كَيْفَ تَطْبِيْقُ أَسَالِيْبُ التَّعَلُّمِ جَعَلَ مَبَارَاةِ فِيْ مَادَتِيْ الْعُلُوْمِ اْلاِجْتِمَاعِيَةِ مَوْقِفُ الْمَادِيَ وَدَوْرُ أَفْرَادِ اْلأُسْرَةِ فِيْ الْمُتَعَلِّمِيْنَ مِنَ الدَّرَجَةِ الثَّانِيَةِ الْمَدْرَسَةُ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةُ 03 جِيْفُونْ تُوْلُونْج اَجُونجْ؟ (2) كَيْفَ تَطْبِيْقِ أَسَالِيْبِ التَّعَلُّمِ جَعَلَ مَبَارَاةِ يُمْكِنُ أَنْ تَحْسَنَ نَتَائِجُ التَّعَلُّمِ مَوْضُوْعَاتِ الْعُلُوْمِ اْلاِجْتِمَاعِيَةِ مَوْقِفِ الْمَادِيِّ وَدَوْرُ أَفْرَادِ اْلأُسْرَةِ فِْي الْمُتَعَلِّمِيْنَ مِنَ الدَّرَجَةِ الثَّانِيَةِ الْمَدْرَسَةُ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةُ 03 جِيْفُونْ تُوْلُونْج اَجُونجْ؟ وَكَانَ الْهَدْفُ مِنْ هَذِهِ الدِّرَاسَةِ (1) لِتَوْضِيْحِ تَطْبِيْقِ أَسَالِيْبِ التَّعَلُّمِ تَقْدِيْمِ الْمَبَارَاةِ فِيْ مَادَتِيْ الْعُلُوْمِ اْلاِجْتِمَاعِيَةِ مَوْقِفُ الْمَادِيَ وَدَوْرُ أَفْرَادِ اْلأُسْرَةِ فِيْ الْمُتَعَلِّمِيْنَ الدَّرَجَةِ الثَّانِيَةِ الْمَدْرَسَةُ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةُ 03 جِيْفُونْ تُوْلُونْج اَجُونجْ (2) لِتَحْدِيْدِ الْعَيَّنِ نَتِيْجَةِ التَّعَلُّمِ دُرُوْسِ الْعُلُوْمِ اْلاِجْتِمَاعِيَةِ مَوْقِفُ الْمَادِيَ وَدَوْرُ أَفْرَادِ اْلأُسْرَةِ فِيْ الْمُتَعَلِّمِيْنَ مِنَ الدَّرَجَةِ الثَّانِيَةِ الْمَدْرَسَةُ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةُ 03 جِيْفُونْ تُوْلُونْج اَجُونجْ. تَسْتَخْدِمُ هَذِهِ الدِّرَاسَةِ الدَّرَجَةِ بُحُوْثِ الْعَمَلِ (CAR) طُرُقِ كِيمِّيسْ وَم.ج. تَاغَارَتْ، وَذَلِكَ فِيْ حَاجَةِ إِلَى اْلأَنْشِطَةِ اْلاِسْتِهْلاَلِيَةِ (مَا قَبْلَ اْلاِمْتِحَانِ) وَاسْتَخْدِامُ دَوْرَاتيْنِ، كُلَّ دَوْرَةٍ تَتَكَوَنُ مِنْ أَرْبَعِ مَرَاحِلٍ: اَلتَّخْطِيْطُ، وَالتَّنْفِيْذُ، وَالْمُرَاقَبَةُ، وَالتَّفْكِيْرُ. اَلْهَدْفُ دُرُسِ كَانَ الصَّفِ الثَّانِيْ الْمَدْرَسَةُ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةُ 03 جِيْفُونْ تُوْلُونْج اَجُونجْ. اَلتَّقْنِيَاتُ الْمُسْتَخْدَمَةُ لِجَمْعِ الْبَيَانَاتِ بَيْنَ غَيْرَهَا مِنَ التِّجَارَبِ وَالْمُلاَحَظَاتِ وَالْمُقَابَلاَتِ وَالْمُلاَحَظَاتِ الْمَيْدَانِيَةِ، وَالْوَثَائِقِ. يَهْدِفُ اْلاِخْتِبَارِ إِلَى تَحْدِيْدُ مَخْرُجَاتِ التَّعَلُّمِ، فِيْ حِيْنَ تَمَّ اِسْتِخْدَامُ أُسْلُوْبِ الْمُلاَحَظَةِ وَالْمُقَابَلاَتِ وَالْمُلاَحَظَاتِ الْمَيْدَانِيَةِ لِجَمْعِ الْبَيَانَاتِ حَوْلَ التَّعْلِيْمِ وَالتَّعَلُّمِ، اِسْتِجَابَاتُ الطُّلاَبِ، وَالْغِلاَفُ الْجَوَيِ الْفُصُوْلِ الدِّرَاسِيَةِ. مَعَ هَذَا الْبَحْثِ يُبَيِّنُ أَنْ تَطْبِيْقَ طَرِيْقَةِ تَقْدِيْمِ مَبَارَاةِ يُمْكِنُ أَنْ تَحْسَنَ أَنْشِطَةِ التَّعَلُّمِ لِلْعُلُوْمِ اْلاِجْتِمَاعِيَةِ. وَيُمْكِنُ أَنْ يَنْظُرَ إِلَيْهِ مِنْ زِيَادَةِ قِيْمَةِ نَتَائِجِ تَعْلِمِ الطُّلاَبِ. وَيَتَضَحُ ذَلِكَ مِنْ خِلاَلِ دِرَاسَةِ الطُّلاَبِ مِنْ تَنْفِيْذِ قَبْلَ اْلاِخْتِبَارِ، اَلدَّوْرَةُ اْلأُوْلَى وَالدَّوْرَةُ الثَّانِيَةِ أِيْ قَبْلَ الْقَيِّمُ الَّتِيْ تَمَّ الْحُصُوْلِ عَلَيْهَا عَنْ طَرِيْقِ عَمَلِ اِكْتِمَالِ الْمُتَعَلِّمِيْنَ اِخْتِبَارِ مَبْدَئِيْ مَعَ مُسْتَوَىِ مِنَ النَّجَاحِ مِنَ 50%. بَعْدِ طُرُقِ تجَْعَلُ مَبَارَاةِ فِي الدَّوْرَةِ اْلأُوْلَى بِنِسْبَةِ 25%، وَقِيْمَةُ اْلاِتْقَانِ لِلدَّوْرَةِ اْلأُوْلِى إِلَى 75% مَعَ الرَّقْمِ 9 وَاكْتِمَالِ الطُّلاَبِ الَّذِيْنَ لَمْ يَكْمِلُوْا 3. حَمَلَ طَرِيْقَةِ إِصْلاَحَاتِ فِيْ الدَّوْرَةِ الثَّانِيَةِ، وَأَظْهَرَتُ النَّتَائِجُ زِيَادَةُ فِيْ قِيْمَةِ اِكْتِمَالِ 25 % إِلَى قِيْمَةِ الشُّمُوْلِ لِلدَّوْرَةِ الثَّانِيَةِ مِنْ 100%، وَذَلِكَ أَنْ عَدَدَ الْمُشَارَكَيْنِ اِكْتِمَالِ اْلاِنْتِهَاءِ بِشَكْلِ كَامِلٍ. لِذَلِكَ زِيَادَةُ فِيْ بِدَايَةِ مَرْحَلَةِ مَا قَبْلَ اْلاِخْتِبَارِ لِتَطْبِيْقِ طَرِيْقَةِ تَجْعَلُ مَبَارَاةِ فِي الدَّوْرَةِ الثَّانِيَةِ بِنِسْبَةِ 50%، مِنْ قِيْمَةِ مَا قَبْلَ اْلاِخْتِبَارِ اْلأَوَّلِيَةِ مِنْ 50% اِلَى 100%. وَيُمْكِنُ أَنْ نَخْلَصَ إِلَى أَنْ تَطْبِيْقَ إِجْرَاءِ مَبَارَاةِ مِنْ أَسَالِيْبِ التَّعَلُّمِ لِتَحْسِيْنِ مَخْرُجَاتِ التَّعَلُّمِ الْعُلُوْمِ اْلاِجْتِمَاعِيَةِ لِطُلاَبِ الصَّفِ الثَّانِيْ الْمَدْرَسَةُ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةُ 03 جِيْفُونْ تُوْلُونْج اَجُونجْ.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd.I 2817123144 RITA YULISTIANI
Date Deposited: 12 Aug 2016 06:29
Last Modified: 12 Aug 2016 06:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3481

Actions (login required)

View Item View Item