KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA KELAS TERBUKA DI SMP 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/ 2016

FITROTUL MARATIS SHOLIKHAH, 2811123092 (2016) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA KELAS TERBUKA DI SMP 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/ 2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL LUAR.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitrotul Maratis Sholikhah, 2016, “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Siswa kelas terbuka di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung”. FTIK Prodi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr . H. Abdul Aziz, M. Pd. I. Kata kunci : Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Kreativitas guru pendidikan agama Islam adalah kemampuan pendidikan yang memegang mata pelajaran pendidikan agama Islam untuk mengekspresikan dan mewujudkan potensi daya berpikirnya, sehingga menghasilkan sesuatu yang baru dan unit/mengkombinasikan sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang lebih menarik. Oleh karenanya, seorang guru pendidikan agama Islam dituntut untuk menjadi pribadi yang kreatif dalam proses pendidikan. Pendidikan agama Islam mempunyai peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia, untuk itu setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan harus mendapat pendidikan, sebagai bekal kehidupan di dunia dan akhirat. Rumusan masalahnya adalah: 1. Bagaimana Kreativitas Guru dalam mengembangkan metode pembelajaran siswa kelas terbuka di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung? 2. Bagaimana Kreativitas Guru dalam memanfaatkan media pembelajaran kelas terbuka di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung?. 3. Bagaimana Kreativitas Guru dalam mengelola kelas kelas terbuka di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung?. Adapun tujuannya adalah 1. Untuk mengetahui Kreativitas Guru dalam mengembangkan metode pembelajaran kelas terbuka di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung . 2. Untuk mengetahui Kreativitas Guru dalam memanfaatkan media pembelajaran kelas terbuka di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. 3. Untuk mengetahui Kreativitas Guru dalam mengelola kelas kelas terbuka di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif. Yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar alami, peneliti sebagai instrument kunci, dan penelitiannya bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dimana ketiganya tersebut merupakan komponen yang tidak dapat terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Untuk analisis datanya penulis menggunakan reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), paparan data atau sajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion verifiying). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1). Dalam proses belajar mengajar kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan metode pembelajaran adalah dengan menggunakan macam-macam metode pembelajaran yang dapat diterapkan, yaitu: a) metode ceramah, b) metode tanya jawab, c) metode tugas, dan d) metode demonstrasi. 2) Sedangkan kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam memanfaatkan media pembelajaran diantaranya adalah Kain , teman sejawat, media kartu, gambar-gambar, dan Video. Yang semuanya sudah mencakup media visual, audio dan audio-visual. 3) Guru dalam mengelola kelas terdiri dari; a) Pengelolaan siswa, dalam usaha pengelolaan siswa di kelas yang dilakukan guru di SMPN 1 Sumbergempol adalah: Memberi petunjuk dengan bahasa yang mudah dipahami, Memberi kegiatan yang positif berupa tugas dan pertanyaan, Memberi perhatian verbal dan nonverbal kepada siswa, Memberi perhatian dan penghargaan atas usaha yang dilakukan siswa, Menunjukkan sikap tanggap, gerakan mendekati, dan memberi reaksi terhadap gangguan, Menegur dengan perkataan yang tidak menyinggung. b) Pengelolaan tempat belajar, dalam usaha mengelola tempat belajar yang dilakukan guru di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung adalah: Menjaga kenyamanan dan kebersihan kelas serta menciptakan ventilasi udara yang cukup agar kesegaran di dalam kelas bisa terasa, pengaturan perputaran tempat duduk yang dilakukan secara bergantian, pengaturan tempat duduk disesuaikan dengan metode pembelajaran, memberi kebebasan siswa untuk mengatur formasi duduk, dan mempertimbangkan kondisi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123092 FITROTUL MARATIS SHOLIKHAH
Date Deposited: 08 Aug 2016 02:41
Last Modified: 08 Aug 2016 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item View Item