“Pengaruh Metode Pembelajaran Movement Exploration Dan Metode Pembelajaran Guided Discovery Serta Persepsi Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Lay Up Bolabasket Pada Mahasiswa IAIN Tulungagung”

Adi Wijayanto, 198110072014031002 and Abdul Aziz Hakim, - and Nur Iffah, - (2020) “Pengaruh Metode Pembelajaran Movement Exploration Dan Metode Pembelajaran Guided Discovery Serta Persepsi Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Lay Up Bolabasket Pada Mahasiswa IAIN Tulungagung”. JURNAL SEGAR, 9 (1). pp. 1-13. ISSN 2302-8351

[img]
Preview
Text
17189-Article Text-43973-1-10-20201116 - Pengaruh Metode Pembelajaran Movement Exploration.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran movement exploration dan metode pembelajaran guided discovery serta persepsi kinestetik terhadap hasil belajar lay up bolabasket pada mahasiswa semester satu jurusan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah institut agama islam negeri Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2019, dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. 84 mahasiswa sebagai sampel diambil dengan teknik simple random sampling, yang terdiri dari 42 orang dengan persepsi kinestetik tinggi dan 42 dengan persepsi kinestetik rendah, kemudian dilakukan tes persepsi kinestetik dan dilakukan matching pairing sebanyak 2 kali. Analisis data yang digunakan adalah analisis varian (ANAVA) dua arah, dengan Uji Tukey sebagai uji lanjut. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Perhitungan Analisis Varians (ANAVA) dengan taraf signifikan α 0,05, maka diperoleh Fₒ = 6,944, sedangkan F₁ = 4,05, dengan demikian Fₒ = 6,944 > F₁ = 4,05, Dengan demikian terdapat perbedaaan yang signifikan secara keseluruhan antara kelompok belajar yang menggunakan metode pembelajaran movement exploration, dibanding dengan metode pembelajaran guided discovery. (2) persepsi kinestetik yang tinggi, metode pembelajaran movement exploration lebih baik daripada metode pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar lay up bolabasket dengan hasil (qₒ = 5,523 > q₁ = 3,345), (3) persepsi kinestetik yang rendah, tidak ada perbedaan antara metode pembelajaran movement exploration dan metode pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar lay up bolabasket (qo= 0,232 < qt = 3,83), dan (4) terdapat interaksi antara metode dan persepsi kinestetik terhadap hasil belajar lay up bolabasket (Fo = 8,781 > Ft = 4,05)

Item Type: Article
Subjects: Artikel Dosen
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: adi wijayanto wiwit
Date Deposited: 05 May 2023 04:36
Last Modified: 05 May 2023 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34974

Actions (login required)

View Item View Item